Kurikulum Prodi S2

Peta kajian ilmu komunikasi berkembang cepat. Setidaknya ada dua tantangan mendasar yang dihadapi pembelajar komunikasi saat ini. Pertama, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perubahan peradaban manusia. Pertukaran informasi dari satu titik ke titik lain di berbagai wilayah bumi menjadi semakin mudah dan cepat. Dinamika komunikasi meningkat dan berakibat pada perluasan kajian ilmu komunikasi. Kedua, digitalisasi komunikasi melahirkan ceruk kajian baru, terutama terkait dengan informasi, media dan demokrasi serta piranti kebijakan yang memayunginya. Konsekuensinya, pembelajar komunikasi harus tanggap dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

 

Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM, yang mengemban tugas untuk tercapainya pelaksanaan tujuan pendidikan ilmu komunikasi, menyusun program pembelajaran tingkat lanjut di bidang komunikasi. Pada tahun 2017, penyelenggaraan Program S2 Ilmu Komunikasi meliputi empat fokus peminatan, yaitu :

  1. Peminatan Studi Komunikasi

Peminatan Studi Komunikasi fokus pada upaya untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan lanjutan dalam memahami keilmuan komunikasi.

  1. Peminatan Kebijakan Komunikasi

Peminatan Kebijakan Komunikasi mempelajari isu-isu kebijakan bidang komunikasi dan media secara komprehensif.

  1. Peminatan Manajemen Komunikasi

Peminatan Manajemen Komunikasi mempelajari pengelolaan kegiatan komunikasi yang berfokus pada organisasi/ korporasi.

  1. Peminatan Kajian Media dan Budaya

Peminatan Kajian Media dan Budaya mempelajari perkembangan media dan budaya yang saat ini menjadi titik sentral pergulatan sosial yang menyentuh kehidupan keseharian masyarakat.

Kurikulum Prodi S2

Peta kajian ilmu komunikasi berkembang cepat. Setidaknya ada dua tantangan mendasar yang dihadapi pembelajar komunikasi saat ini. Pertama, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perubahan peradaban manusia. Pertukaran informasi dari satu titik ke titik lain di berbagai wilayah bumi menjadi semakin mudah dan cepat. Dinamika komunikasi meningkat dan berakibat pada perluasan kajian ilmu komunikasi. Kedua, digitalisasi komunikasi melahirkan ceruk kajian baru, terutama terkait dengan informasi, media dan demokrasi serta piranti kebijakan yang memayunginya. Konsekuensinya, pembelajar komunikasi harus tanggap dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

 

Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM, yang mengemban tugas untuk tercapainya pelaksanaan tujuan pendidikan ilmu komunikasi, menyusun program pembelajaran tingkat lanjut di bidang komunikasi. Pada tahun 2017, penyelenggaraan Program S2 Ilmu Komunikasi meliputi empat fokus peminatan, yaitu :

  1. Peminatan Studi Komunikasi

Peminatan Studi Komunikasi fokus pada upaya untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan lanjutan dalam memahami keilmuan komunikasi.

  1. Peminatan Kebijakan Komunikasi

Peminatan Kebijakan Komunikasi mempelajari isu-isu kebijakan bidang komunikasi dan media secara komprehensif.

  1. Peminatan Manajemen Komunikasi

Peminatan Manajemen Komunikasi mempelajari pengelolaan kegiatan komunikasi yang berfokus pada organisasi/ korporasi.

  1. Peminatan Kajian Media dan Budaya

Peminatan Kajian Media dan Budaya mempelajari perkembangan media dan budaya yang saat ini menjadi titik sentral pergulatan sosial yang menyentuh kehidupan keseharian masyarakat.