Dr. M. Sulhan, M.Si.

Tentang Saya

Sulhan tertarik pada kajian media dan aspek sosiologi dalam politik. Ia memperoleh gelar doktor di Departemen Sosiologi UGM dengan disertasi berjudul “Homo Ludens sebagai Komunikasi Politik dalam Tak Show Televisi” pada tahun 2014. Saat ini, M. Sulhan menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Departemen Ilmu Komunikasi. Aktivitas lainnya selain mengajar adalah melakukan riset di berbagai bidang, seperti media baru, media sosial dan anak muda, dan analisis teks media. Ia juga menulis buku “Dayak Menang, Indonesia yang Malang”, “Media Baru di Indonesia”, “Film Indonesia Mencari Wajah Baru”, dan beberapa chapter dalam buku riset kualitatif, kajian televisi, dan kajian CSR.

Sulhan dapat dihubungi melalui hansul@ugm.ac.id.

Dr. M. Sulhan, M.Si.

Tentang Saya

Sulhan tertarik pada kajian media dan aspek sosiologi dalam politik. Ia memperoleh gelar doktor di Departemen Sosiologi UGM dengan disertasi berjudul “Homo Ludens sebagai Komunikasi Politik dalam Tak Show Televisi” pada tahun 2014. Saat ini, M. Sulhan menjabat sebagai Ketua Program Studi S1 Departemen Ilmu Komunikasi. Aktivitas lainnya selain mengajar adalah melakukan riset di berbagai bidang, seperti media baru, media sosial dan anak muda, dan analisis teks media. Ia juga menulis buku “Dayak Menang, Indonesia yang Malang”, “Media Baru di Indonesia”, “Film Indonesia Mencari Wajah Baru”, dan beberapa chapter dalam buku riset kualitatif, kajian televisi, dan kajian CSR.

Sulhan dapat dihubungi melalui hansul@ugm.ac.id.

Daftar Riset

No Tahun

Judul Riset

1 2016 Pemaknaan Media Sosial oleh Kaum Muda:  Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Jejaring Sosial Path oleh Kaum Muda di Yogyakarta
2 2016 Relasi Masyarakat, Perusahaan Kelapa Sawit, dan Rencana Kebijakan Pemerintah  Kabupaten: Persepsi dan Aspirasi Tiga Wilayah di Sukamara
3 2015 Sejarah Sukamara: Identifikasi dan Pencarian asal usul sebuah Kabupaten Pemekaran
4 2015 Beyond Liberal Politics of Recognition: Bringing Indigenous Rights Movements into Democratic Framework of Public Policy
5 2015 Politik Meme:Ekspresi ‘Ludik’ Opini Generasi X di Media Baru
6 2014 Konstruksi Media Partisanatas Citra Diri Calon Presiden RI 2014(Analisis Teks Media Partisan dalam Membingkai Citra DiriCalon Presiden Republik Indonesia 2014-2019)
7 2014 Kekerasan, Makna Kekerasan, dan Terpaan Program Televisi Tiga Zaman
8 2013 CSR dan Ekonomi Kreatif Indonesia
9 2012 From Audience to Users : Studi Resepsi atas Performa Institusional Media Baru
10 2012 Imitasi dan Duplikasi Nilai-nilai Seksualitas Global dalam Tayangan Musik Dangdut di Youtube.com
11 2011 Media Baru dan Ekspresi Identitas Gerakan Kelompok Radikal Keagamaan di Indonesia
12 2011 Tingkat Efektivitas Publisitas Kabupaten Sleman
13 2010 Survei Tingkat Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Pemerintahan Desa di Kabupaten Sleman

Daftar Publikasi

No Tahun

Judul

1 2015 Sejarah Sukamara
2 2014 Film Indonesia Mencari Wajah Baru (Editor)
3 2013 Sejarah Kepahlawanan Sukamara 1946
4 2012 Media Baru: Studi Teoretis & Telaah dari Perspektif Politik dan Sosiokultural
5 2012 Corporate Social Responsibility Industri Kretek di Indonesia dalam CSR Indonesia: Sinergi Pemerintah, Perusahaan, dan Publik
6 2010 Perspektif Kualitatif dalam Kajian Komunikasi : Mencoba ‘Anything Goes’ ?, dalam “Komunikasi dan Dunia Penelitian Kualitatif”.
7 2010 Demokrasi, Media Massa, dan Industri, (Penyunting)
8 2010 Aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Malaysia dan Indonesia : Perspektif Komunikasi
9 2008 Schramm dan Mazhab Chicago : Saling Tak Butuh, tulisan dalam “Media Massa & Kebijakan Komunikasi”

Daftar Riset

No Tahun

Judul Riset

1 2016 Pemaknaan Media Sosial oleh Kaum Muda:  Studi Kasus Penggunaan Aplikasi Jejaring Sosial Path oleh Kaum Muda di Yogyakarta
2 2016 Relasi Masyarakat, Perusahaan Kelapa Sawit, dan Rencana Kebijakan Pemerintah  Kabupaten: Persepsi dan Aspirasi Tiga Wilayah di Sukamara
3 2015 Sejarah Sukamara: Identifikasi dan Pencarian asal usul sebuah Kabupaten Pemekaran
4 2015 Beyond Liberal Politics of Recognition: Bringing Indigenous Rights Movements into Democratic Framework of Public Policy
5 2015 Politik Meme:Ekspresi ‘Ludik’ Opini Generasi X di Media Baru
6 2014 Konstruksi Media Partisanatas Citra Diri Calon Presiden RI 2014(Analisis Teks Media Partisan dalam Membingkai Citra DiriCalon Presiden Republik Indonesia 2014-2019)
7 2014 Kekerasan, Makna Kekerasan, dan Terpaan Program Televisi Tiga Zaman
8 2013 CSR dan Ekonomi Kreatif Indonesia
9 2012 From Audience to Users : Studi Resepsi atas Performa Institusional Media Baru
10 2012 Imitasi dan Duplikasi Nilai-nilai Seksualitas Global dalam Tayangan Musik Dangdut di Youtube.com
11 2011 Media Baru dan Ekspresi Identitas Gerakan Kelompok Radikal Keagamaan di Indonesia
12 2011 Tingkat Efektivitas Publisitas Kabupaten Sleman
13 2010 Survei Tingkat Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Pemerintahan Desa di Kabupaten Sleman

Daftar Publikasi

No Tahun

Judul

1 2015 Sejarah Sukamara
2 2014 Film Indonesia Mencari Wajah Baru (Editor)
3 2013 Sejarah Kepahlawanan Sukamara 1946
4 2012 Media Baru: Studi Teoretis & Telaah dari Perspektif Politik dan Sosiokultural
5 2012 Corporate Social Responsibility Industri Kretek di Indonesia dalam CSR Indonesia: Sinergi Pemerintah, Perusahaan, dan Publik
6 2010 Perspektif Kualitatif dalam Kajian Komunikasi : Mencoba ‘Anything Goes’ ?, dalam “Komunikasi dan Dunia Penelitian Kualitatif”.
7 2010 Demokrasi, Media Massa, dan Industri, (Penyunting)
8 2010 Aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Malaysia dan Indonesia : Perspektif Komunikasi
9 2008 Schramm dan Mazhab Chicago : Saling Tak Butuh, tulisan dalam “Media Massa & Kebijakan Komunikasi”