Crafting Well-Informed Society

Departemen Ilmu Komunikasi
Departemen Ilmu Komunikasi
Program Sarjana (S1)

Program ini bertujuan untuk membangun critical dan creative skill bagi para mahasiswa agar nantinya dapat mengembangkan karir di bidang komunikasi dan media, serta dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat di lingkungannya.

Departemen Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana

Program ini bertujuan untuk merespon perkembangan keilmuan komunikasi dan media serta dinamika perubahan sosial politik di Indonesia pasca-reformasi yang menuntut konstribusi lulusan Ilmu Komunikasi dalam penataan sistem komunikasi dan media dan demokratis serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

previous arrow
next arrow
Slider

Departemen Ilmu Komunikasi

FISIPOL UGM

Tentang DIKOM


Departemen Ilmu Komunikasi (DIKOM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 1950. Sejak berdiri, DIKOM mengalami beberapa kali perubahan nama, yaitu Departemen Publisistik dan Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK). Pada saat awal berdiri DIKOM hanya mengelola Program sarjana (Strata-1/S1) hingga pada tahun 2008, DIKOM menyelenggarakan Program pascasarjana (Strata-2/S2).

Materi pembelajaran DIKOM memiliki cakupan yang cukup luas, baik yang berkaitan dengan studi jurnalisme, humas, periklanan, maupun media hiburan. Saat ini, DIKOM memiliki perhatian besar pada perkembangan komunikasi dan media digital. Perhatian ini mendorong DIKOM untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran dan juga penelitian yang memiliki hubungan dengan perkembangan tersebut.

Kata Mereka

Di Departemen Ilmu Komunikasi saya mendapatkan atmosfer yang mendorong hasrat untuk menggali dan mencintai ilmu komunikasi dan jurnalistik yang setia pada misinya untuk melayani publik.
Imam Wahyudi
(Anggota Dewan Pers, Alumni S1 Ilmu Komunikasi 1984)
Selain menjadi sebuah kampus, komunikasi UGM seperti sebuah laboratorium hidup yang memberikan peluang bagi mahasiswanya melakukan eksperimentasi lintas disiplin dan menemukan hal-hal baru dari proses belajar. Sebuah ruang, yang melatih mahasiswa untuk terbiasa berinteraksi dengan banyak perubahan, sekaligus menemukan solusi-solusi kreatif. Wajar jika lulusannya memiliki fondasi yg kuat dalam ketika mengahadapi jaman yg cepat berubah
Janoe Ariyanto
(CEO Dentsu One Indonesia)
previous arrow
next arrow
Slider

Kabar Terkini

Ajang Insan Kreatif Mahasiswa UGM 2017
Seminar Humas Pemerintah: Peluang dan Tantangan di Era Digital

“Child of All Nations”: Karya Mahasiswa DIKOM UGM Menangkan Kompetisi Video di New York
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider
Lewat ke baris perkakas