• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang DIKOM
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Program Studi
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu

Undangan Tes Esai dan Wawancara Kelas Internasional Departemen Ilmu Komunikasi

Informasi Umum Senin, 22 Februari 2021

Selamat bagi pendaftar yang sudah lulus tahap GMST dan AcEPT Gelombang 1 Kelas Internasional Departemen Ilmu Komunikasi UGM.

Invitation to Essay and Interview Tests Department of Communication Science

Kami mengundang pendaftar yang lolos untuk mengikuti tes esai dan wawancara secara daring pada hari Minggu, 20 Februari 2021.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tes, dimohon untuk bergabung di forum Google Classroom “IUP in Communication Science Intake 1”

Apabila mengalami kendala saat hendak bergabung, silakan menghubungi kami di iup-dikom.fisipol@ugm.ac.id dengan subjek “INTAKE 1_(FULL NAME)”.

Prodi Magister Ilmu Komunikasi UGM Rilis Ebook “Kolaborasi Lawan (Hoaks) Covid-19”

Berita Sabtu, 13 Februari 2021

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM dengan bahagia mempersembahkan buku kolaborasi dengan Japelidi dan Siberkreasi yang berjudul Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi.

Buku ini pada awalnya dirancang untuk mendokumentasikan proses kampanye tersebut. Buku setebal 553 halaman dan terdiri dari 33 bab ini adalah hasil kolaborasi 42 anggota Japelidi sebagai penulis serta disunting 3 editor: Novi Kurnia, Lestari Nurhajati, dan Santi Indra Astuti.

Japelidi sendiri adalah komunitas pegiat literasi digital yang terbentuk sejak 2017 yang saat pandemi tergerak melakukan kampanye lawan hoaks COVID-19. Kampanye yang dilakukan pada Maret hingga Oktober 2020 ini merupakan upaya Japelidi untuk berkontribusi menekan disinfodemi yang sama berisikonya dengan pandemi itu sendiri.

Puluhan konten digital dihasilkan dalam kampanye tersebut. Salah satunya, ‘Jaga Diri jaga Keluarga’ bahkan diproduksi dalam 45 bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Mandarin dan 43 bahasa daerah. Kampanye ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas di berbagai daerah di Indonesia baik secara daring dan luring.

Buku ini tak hanya memaparkan kisah di balik kampanye lawan disinfodemi, tapi juga beragam riset terkini tentang komunikasi dan pandemi sekaligus bervariasi refleksi pengalaman berhadapan secara langsung dengan virus baru yang mematikan itu.

Terima kasih pada Bapak Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19), Anita Wahid (Presidium MAFINDO), Yosi Mokalu (Ketua Umum Siberkreasi), Dr Muhammad Sulhan (Ketua ASPIKOM), Indriyatno Banyumurti (ICT Watch) yang telah memberikan catatan terhadap buku ini.

Segera, unduh bukunya secara gratis, sekarang di http://ugm.id/kolaborasijapelidi

Pendaftaran Dharma Bakti Kampus Universitas Gadjah Mada 2021

Informasi Umum Selasa, 9 Februari 2021

Salam sejahtera,

Kami infokan kepada mahasiswa angkatan 2020 dan sebelumnya yang tidak lulus PPSMB atau DBK, Ditmawa membuka pendaftaran untuk DBK Daring. Adapun DBK Daring terdiri atas rangkaian kegiatan sebagai berikut.

1-10 Februari 2021: Pendaftaran peserta melalui ugm.id/DaftarDBK2021

13 Februari 2021: Workshop perdana

20-21 Februari 2021: DBK Universitas

27-28 Februari 2021: DBK Softskill

Menyesuaikan*: DBK Fakultas

*Menyesuaikan masing-masing Koordinator Gugus Fakultas

 

Informasi Prosedur Klaim Insentif Prestasi Lomba Periode 2020

Informasi Umum Kamis, 4 Februari 2021

 

Salam sejahtera,

Subdirektorat Kreativitas – Direktorat Kemahasiswaan UGM membuka kesempatan bagi mahasiswa/mahasiswi sarjana maupun diploma untuk mengajukan klaim insentif prestasi. Adapun mahasiswa/mahasiswi dapat melakukan klaim atas prestasi yang diperoleh sepanjang tahun 2020. Klaim dapat dilakukan hingga 20 Februrari 2021 pukul 23.59 WIB.

Info dan prosedur klaim lebih lanjut dapat Saudara/i cermati pada poster terlampir.

Rekrutmen Terbuka Staf Administrasi Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM

Informasi Umum Kamis, 28 Januari 2021

Salam sejahtera untuk kita semua.

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada membuka rekrutmen untuk posisi staf administrasi dengan kontrak minimum selama 1 (satu) tahun. Adapun spesifikasi pekerjaan yang kami buka sebagai berikut:

1. Administrasi Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi

Deskripsi pekerjaan:

  • Melayani urusan akademik dan kemahasiswaan program S-3
  • Mengurus kesekretariatan program S-3
  • Mengurus data riset dosen

2. Administrasi Pusat Kajian DECODE

Deskripsi pekerjaan:

  • Melayani urusan administrasi dan kesekretariatan Pusat Kajian DECODE
  • Mengelola pertemuan dan koordinasi antara Pusat Kajian (Puska) dengan mitra
  • Menyusun laporan dan evaluasi kegiatan tepat waktu

Adapun segala syarat dan kualifikasi dari masing-masing bidang pekerjaan dapat Saudara/i cermati lebih lanjut pada poster terlampir.

Sekian dan terima kasih.

 

Dua E-Book Literasi Digital Karya Tim Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Resmi Diluncurkan!

Berita Selasa, 26 Januari 2021

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM didukung oleh Japelidi dan SiBerkreasi dengan bahagia meluncurkan dua buku panduan literasi digital bagi Sahabat Perempuan.

Keduanya berisikan kiat-kiat praktis bagi Sahabat Perempuan dalam bermedia sosial dan bertransaksi daring secara bijak dan cermat.

Yuk, Sahabat Perempuan Bermedia Sosial dengan Bijak
http://ugm.id/panduanmedsos

Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring dengan Cermat
http://ugm.id/panduantransaksi

Yuk, unduh gratis sekarang! Mari bersama menjadi agen literasi digital.

Memilih Menggunakan Out of Home Advertising Ketika Belanja Iklan Digital dan Televisi Naik Tajam Selama Pandemi

Perspektif Selasa, 15 Desember 2020

Selama Pandemi Covid-19, brand dituntut untuk melakukan perencanaan ulang terhadap alokasi belanja iklan mereka. Hal ini dikarenakan terjadinya banyak perubahan terhadap media-media yang akan digunakan untuk beriklan. Salah satu jawabannya adalah memfokuskan belanja iklan mereka kepada iklan digital. Berdasarkan penelitian Nielsen pada Juli 2020, belanja iklan digital naik sebesar 20% dengan total belanja iklan Rp24,2 triliun dan berada di posisi kedua setelah belanja iklan televisi yang tumbuh sebesar 72% menjadi Rp88 triliun (Siregar, 2020). Meskipun begitu, ada berbagai brand yang kemudian memilih untuk tidak menggunakan media tersebut dan lebih tertarik dengan out of home advertising.

Out of home advertising merupakan media untuk beriklan yang tersedia di luar rumah dimana media ini dapat menjangkau konsumen saat mereka sedang bepergian, menunggu, berbelanja, atau berada di luar tempat tinggal mereka (Kelly, Jugenheimer, & Sheehan, 2015). Media ini seringkali menjadi pilihan yang menjanjikan karena pengiklan dapat memanfaatkan peluang kreatif yang ada untuk membuat pesan di luar ruangan yang berkesan dan unik kepada jangkauan audiens mereka. Oleh karena itu, meskipun media digital dan televisi mengalami kenaikan yang cukup tingga, out of home advertising dapat menjadi pilihan ketika dapat dikemas dengan menarik sehingga bisa menjangkau audiens yang diinginkan.

Berikut beberapa iklan atau campaign melalui out of home advertising yang dilakukan oleh berbagai brand dan mendapat antusiasme dari masyarakat secara masif di berbagai media selama pandemi.

 

 

  • Himbauan untuk #dirumahaja dari Aqua

 

Sebuah campaign yang dilakukan Aqua dengan mengajak masyarakat untuk berada di rumah melalui cara yang berbeda ini mendapat respon positif dari masyarakat. Dengan 29,6 ribu likes dan 13,1 ribu retweets, campaign ini telah menjadi perbincangan di media sosial, khususnya Twitter. Hal ini dikarenakan konsep yang dibawa cukup berbeda dan membuat orang menjadi tertarik dengan isinya sehingga pesan untuk #dirumahaja dapat tersampaikan secara mudah.

 

 

  • Prepp Studio Marketing Campaign dari Arief Muhammad 

 

Berbeda dengan billboard yang digunakan oleh Aqua, teknik marketing campaign yang dilakukan oleh Arief Muhammad bersama Prepp Studio ini terbilang sangat menarik perhatian. Pasalnya, pada saat yang bersamaan sedang terjadi aksi demonstrasi di sejumlah daerah terkait adanya penentangan terhadap Omnibus Law kepada DPR RI.

Dengan copy yang menarik dan seakan menjawab bahwa ketika banyaknya aksi demonstrasi, Arief Muhammad kemudian mengajukan diri untuk siap menjadi nomor satu. Padahal setelah pernah menjadi trending di Twitter, Arief mengungkap bahwa dirinya siap menjadi nomor satu, dalam memimpin brand fashionnya, yaitu Prepp Studio.

 

  • Email Reveal dari Traveloka

 

Penggunaan nillboard digital yang dilakukan oleh Traveloka ini apabila dilihat secara sekilas merupakan kesalahan teknis yang dilakukan ketika memasang bahan yang akan dijadikan dalam billboard.

Namun, ketika diamati secara seksama, ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Traveloka untuk menarik perhatian masyarakat di sekitarnya agar sejenak memandang dan mengamati billboard ini. Billboard Traveloka ini berisi laman email yang sedang membuka pesan untuk materi dari billboard ini, yaitu program EPIC Sale yang dilakukan oleh Traveloka. Dengan mendapat perhatian karena bentuknya unik, banyak netizen yang kemudian memuji cara marketing dari Traveloka ini.

 

Dari ketiga contoh tersebut, dapat ditemukan satu pola dimana cara yang unik untuk melakukan pemasaran seringkali mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat telah bosan dengan bentuk pemasaran yang sifatnya repetitif dan mudah ditebak. Oleh sebab itu, penggunaan out of home advertising dapat menjadi salah satu media yang dapat dikreasikan ketika akan melakukan pemasaran.

 

Referensi:

Kelly, L.D., Jugenheimer D.W., Sheehan K.B. (2015). Advertising Media Planning: A Brand Management Approach. Fourth Edition. New York: Routledge.

Siregar, B.P. (2020, Juli). Belanja Iklan Televisi Melonjak 72% Selama Pandemi. Diakses pada 1 Desember 2020 dari https://www.wartaekonomi.co.id/read301101/belanja-iklan-televisi-melonjak-72-selama-pandemi

 

Penulis: Khairi Muhammad Zuhdi | Mahasiswa S1-Reguler Angkatan 2018

Mengenal Lebih Dekat Corporate Social Responsibility

Perspektif Senin, 14 Desember 2020

Bagi yang tertarik dan menekuni dunia public relations, CSR atau Corporate Social Responsibility bukanlah hal yang asing. Biasanya perusahaan melakukan CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka kepada stakeholder. Namun, apakah pembaca sudah mengetahui apa itu CSR? Artikel ini akan mencoba membantu pembaca untuk mengenali CSR.

 

Pengertian

Reinhard (2008) mengadopsi definisi sederhana mengenai CSR yang dicetuskan oleh Elhauge (2005) yaitu “mengorbankan” profit untuk kepentingan sosial dengan dasar sukarela. Khan (2012) mengatakan bahwa CSR mencakup cakupan luas seperti perilaku atau behavior yang meliputi perilaku ramah karyawan, ramah lingkungan, sadar etika, menghormati komunitas dimana perusahaan berada, dan bahkan ramah terhadap investor. Sementara Hopkins (2004) mendefinisikan CSR sebagai memperlakukan stakeholder secara etis atau dengan cara yang bertanggung jawab. Jadi dapat disimpulkan bahwa CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada pihak internal dan eksternal.

 

Konsep keberlanjutan dalam CSR

John Elkington (1994) dalam bukunya berjudul Cannibals with Forks: the Triple Bottom Line of 21st Century Business mencetuskan konsep profit, planet, dan people dalam CSR. Konsep ini menekankan pada keberlanjutan. Ketiga konsep itu diturunkan sebagai berikut:

  1. Profit: tanggung jawab perusahaan kepada shareholder
  2. Planet: tanggung jawab perusahaan pada keberlanjutan daya dukung alam 
  3. People: tanggung jawab perusahaan pada stakeholder

Sementara irisan dari ketiganya sebagai berikut:

  1. Profit,  people, and planet: berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan dengan integrasi pengembangan sosial dan lingkungan
  2. Profit and people: tanggung jawab perusahaan pada peningkatan nilai perusahaan baik secara SDM maupun produk yang dihasilkan
  3. Planet and people: tanggung jawab perusahaan pada daya stakeholder untuk memelihara lingkungan  
  4. Profit and planet: efisiensi pemanfaatan SDA 

 

Pedoman pelaksanaan CSR

International Organization for Standardization (ISO) mengeluarkan panduan dan standarisasi CSR melalui ISO 26000:2010 Guidance Standard on Social Responsibility. Perusahaan di seluruh dunia dapat mengacu pada pedoman ini ketika melakukan CSR.  ISO menyebutkan dua praktik dasar dari CSR yaitu identifikasi stakeholder serta keterlibatannya dan pengakuan tanggung jawab sosial oleh perusahaan. ISO 26000:2010 juga mencakup tujuh isu pokok CSR yaitu:

    1. Hak asasi manusia
    2. Isu konsumen
    3. Isu lingkungan
    4. Ketenagakerjaan
    5. Pengembangan masyarakat
    6. Praktik kegiatan perusahaan yang sehat

 

  • Organizational governance 

 

 

Keuntungan 

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika menerapkan ISO 26000:2010 ketika melakukan CSR, yaitu:

  1. Menaikkan reputasi perusahaan karena menerapkan standar dan pedoman internasional
  2. Kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pekerja, pelanggan, klien, dan pengguna dengan penerapan tujuh isu pokok
  3. Pemeliharaan moral, komitmen, dan produktivitas karyawan
  4. Persepsi baik dari investor, pemilik perusahaan, donor, dan sponsor
  5. Hubungan baik dengan perusahaan, pemerintah, media, pemasok, mitra, pelanggan, dan komunitas dimana perusahaan beroperasi

 

Sudah seharusnya perusahaan menerapkan prinsip CSR yang berkelanjutan dan sesuai dengan pedoman internasional untuk menciptakan ekosistem yang kondusif dan saling menguntungkan. Pada akhirnya, penerapan CSR akan saling mempengaruhi satu sama lain seperti cycle sehingga perusahaan harus memastikan setiap aspek CSR terlaksana dengan baik, 

 

Referensi:

Elhauge, E. (2005), “Corporate Managers’ Operational Discretion to Sacrifice Corporate Profits in the Public Interest’, in B. Hay, R. Stavins and R. Vietor (eds), Environmental Protection and the Social Responsibility of Firms, Washington, DC, Resources for the Future.

Hopkins, Michael (2004) “Corporate social responsibility: an issues paper” Policy Integration Department, Working Paper No. 27 World Commission on the Social Dimension of Globalization International Labor Office Geneva, May 2004, Copyright © International Labour Organization 2004

Khan, Muhammad Tariq, dkk. (2012). Corporate social responsibility (CSR) – definition, concepts and scopre (A review). Universal Journal of Management and Social Sciences. Vol. 2, No 7. Diakses dalam https://my.uopeople.edu/pluginfile.php/57436/mod_book/chapter/121630/BUS%205115%20Unit%208%20CSR%20Definitions%20and%20Concepts.pdf 

Reinhardt, Forest L.; Stavins, Robert N. and Vietor, Richard H.K. (2008) “Corporate Social Responsibility Through an Economic Lens” Resources for the Future, April 2008, RFF – DP 08-12, 1616 P St. NW Washington, DC 20036, 202-328-5000 www.rff.org

 

Penulis: Rizki Dwi Wibawa | Mahasiswa S1 Reguler-Angkatan 2018

Public Relations (PR) sebagai Profesi di Indonesia

Perspektif Jumat, 11 Desember 2020

Banyak orang sulit membedakan profesi PR dengan profesi lainnya, misalnya marketing, atau dengan percabangannya, publisitas. Selain sulit dibedakan, banyak juga yang masih menganggap PR atau humas bukanlah suatu profesi, melainkan pekerjaan, yang artinya personilnya tidak harus memiliki latar belakang akademisi ilmu komunikasi atau akademisi kehumasan. Fenomena jabatan humas yang diisi oleh yang bukan profesional masih banyak terjadi di Indonesia. Tetapi, syarat apa saja, sih, yang membuat suatu pekerjaan menjadi profesi? Artikel ini akan membedah karakteristik pengkategorian tersebut dan bagaimana pengaplikasiannya dalam public relations.

  1. Edukasi

Di Indonesia, edukasi kehumasan atau public relations sudah ada sejak 1950, yakni pertama kali di Jurusan Ilmu Komunikasi (saat ini Departemen Ilmu Komunikasi), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. Pada saat itu, mahasiswa Ilmu Komunikasi dipersiapkan untuk mengisi jabatan di Kementerian Penerangan (saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika). Namun seiring berjalannya waktu, cabang Ilmu Komunikasi menjadi lebih banyak sehingga telah meluluskan banyak profesional di berbagai bidang.

  1. Asosiasi Profesi

Asosiasi profesi memainkan peran yang cukup penting dalam meningkatkan status pekerjaan menjadi sebuah profesi. Sebagai contoh, Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) adalah asosiasi kehumasan terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1972. Pendirian Perhumas didorong oleh kebutuhan akan adanya sebuah forum profesi kehumasan untuk bertukar pengalaman demi peningkatan kualitas praktik kehumasan di Indonesia. Peningkatan kualitas praktik diciptakan dengan dibuatnya Kode Etik Perhumas sebagai acuan profesi humas di Indonesia. Selain itu, Perhumas juga membuat program akreditasi bagi praktisi kehumasan di Indonesia. Selain Perhumas, terdapat Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) yang didirikan pada 1987 oleh beberapa tokoh PR di Indonesia yang memiliki perusahaan PR diantaranya yaitu Inke Maris, Maria Wongsonagoro, Miranty Abidin, Edowati Sudjono, Srikandi Hakim, Sayono, Ida Sudoyo

  1. Kode Etik

Sager (dalam Sha, 2011), menyatakan bahwa “Tidak ada penyimpangan dalam pengetahuan tentang berperilaku etis, juga tidak ada alasan mengapa seorang profesional terdidik gagal membedakan antara apa yang benar dan apa yang salah”. Maka dari itu, setiap profesi harus menciptakan standar untuk menciptakan batas-batas profesionalitas, yakni dengan menciptakan kode etik. Di Indonesia sendiri, terdapat Kode Etik Perhumas dan Kode Etik APPRI yang diciptakan oleh asosiasi profesi dan juga Kode Etik Humas Pemerintahan yang diciptakan oleh negara melalui Keputusan Menteri Kominfo.Keduanya memiliki kode etik yang 11:12, yang membedakannya hanya sejarah dan subjek yang diatur.

  1. Akuntabilitas dan Pengakuan oleh Publik

Beberapa orang meragukan keabsahan standar bagi pekerjaan untuk menjadi sebuah profesi tanpa adanya pengakuan publik walaupun sudah terdapat asosiasi profesi dan kode etik. PR atau humas seringkali dibingkai secara negatif di dalam media, yakni untuk memberikan citra positif dengan menutupi sisi negatif perusahaan. Tetapi, realita cukup berbicara dan sangat disayangkan tidak banyak sisi strategis dari Humas yang dibincangkan. Satu solusi untuk meningkatkan akuntabilitas praktisi humas adalah dengan adanya akreditasi atau lisensi.

  1. Akreditasi dan Sertifikasi Profesi

Di Amerika Serikat, akreditasi humas sudah ada secara resmi sejak 1998 dengan penyelenggaraan Badan Akreditasi Universal (UAB), yang menyatukan beberapa asosiasi profesi kehumasan, yang beberapa di antaranya sudah memiliki program akreditasinya sendiri. Organisasi yang berpartisipasi di UAB setuju untuk melepaskan program akreditasi terpisah mereka untuk mendukung proses akreditasi yang universal, yang sepenuhnya terbentuk pada tahun 2003.

Di Indonesia, program akreditasi humas baru ada di Perhumas. Dibutuhkan pengalaman bekerja 3-5 tahun sebagai humas untuk mendapatkan akreditasi profesi. Sementara itu, sertifikasi kehumasan sudah banyak dibuat di asosiasi-asosiasi berbeda, seperti APPRI, hingga London School of Public Relations (LSPR), bahkan terdapat satu lembaga khusus, yakni Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI).

 

Referensi:

Sha, B.-L. (2011). Accredited vs. non-accredited: The polarization of practitioners in the public relations profession. Public Relations Review, 37(2), 121–128. doi:10.1016/j.pubrev.2011.02.003

 

Penulis: Rizqy Kartini Mayasari | Mahasiswi S1 Reguler Ilmu Komunikasi angkatan 2018

Tren Musik Dangdut di Masa Kini: Bertahan Tak Ingin Hilang Tergerus Waktu

Perspektif Jumat, 11 Desember 2020

Musik merupakan suatu keunikan istimewa yang diciptakan manusia yang mempunyai kapasitas sangat kuat untuk menyampaikan emosi dan mengatur emosi (Johansson, 2006). Menurut data pendengar musik Indonesia di Spotify dari CNN Indonesia, bahwasannya masyarakat Indonesia mendengarkan musik 3 jam dalam sehari.

Persaingan sangat ketat dunia permusikan di era digital semakin terlihat, adanya platform yang membuat lahirnya para kreator-kreator muda yang kreatif, seperti Youtube, Instagram, dan TikTok. Mereka yang memiliki bakat di dunia permusikan berlomba-lomba membuat konten musik yang disukai oleh masyarakat seperti membuat lirik musik sendiri, mengcover musik, hingga membuat video musik.

Tren musik yang tiap tahun berubah-ubah dan munculnya musik-musik dengan aliran Pop, K-Pop, EDM, dan lain sebagainya dari luar negeri, seakan-akan menambah sulitnya persaingan di dunia permusikan, salah satunya musik lokal. Musik aliran dangdut merupakan satu dari berbagai musik lokal yang tradisional khas dari Indonesia. Berjalannya waktu membuat musik aliran dangdut semakin lama ditinggalkan, lantaran munculnya musik-musik yang lebih populer sehingga kalah bersaing di dunia permusikan.

Menurut Mathew Cohen (2006), peneliti seni pertunjukan Indonesia mencatat, leluhur musik dangdut berasal dari orkes keliling. Sejarah dangdut di Indonesia, dangdut dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu “Boneka India”, dengan munculnya tokoh dangdut terkenal Indonesia saat itu Rhoma Irama pada tahun 1968. Dangdut bercirikan dentuman tabla (alat musik perkusi India) dan gendang. Dangdut juga sangat dipengaruhi dari lagu-lagu musik India klasik dan Bollywood. 

Musik dangdut selalu identik dengan penikmat musik dari masyarakat kalangan ekonomi dan sosial menengah kebawah, bahkan citra musik dangdut pada masa lalu dianggap sebagai musik yang tidak sopan dan tidak pantas. Hal itu dikarenakan pada saat pertunjukan konser dangdut, terdapat biduan yang menggunakan pakaian tidak senonoh, hingga melakukan aksi yang masuk kedalam kategori pornografi. Penikmat musik dangdut didominasi oleh kalangan generasi X.

Sama seperti musik populer lainnya, musik dangdut memiliki lirik yang menggambarkan perasaan hati, namun karena musik dangdut mendominasi pendengar dari kalangan masyarakat kebawah, banyak lirik musik dangdut juga menggambarkan kondisi ekonomi dan sosial. Musik dangdut sering terdengar di perkampungan, terminal, transportasi seperti truk, bus, hingga warung-warung kopi dan makan, yang memperlihatkan kondisi identitas dan budaya masyarakat di Indonesia. Diperkuat menurut Andrew Weintraub (2010) pada bukunya Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia berpendapat bahwasannya dangdut tidak hanya mencerminkan keadaan politik dan budaya nasional. Tapi sebagai praktik, ekonomi, politik, dan ideologi, dangdut telah membantu membentuk gagasan tentang kelas, gender, dan etnisitas di negara Indonesia modern.

Kembalinya musik dangdut sebagai musik populer diawali dari kontes-kontes dangdut di televisi Indonesia, kontes dangdut ini dengan harapannya dapat mengambil massa audiens masyarakat dari kalangan ekonomi menengah kebawah di Indonesia. Kontes dangdut pertama di Indonesia saat itu adalah KDI (Kontes Dangdut Indonesia) yang tayang di TPI (saat ini MNCTV), KDI pada saat itu dinilai berhasil menarik audiens dengan rating yang tinggi dan tayang di jam prime time. Muncul penyanyi-penyanyi jebolan KDI 1 seperti Siti Rahmawati, Nassar, dan Selfi Nafilah yang hingga saat ini aktif di dunia hiburan permusikan dangdut, mereka berlomba-lomba mengeluarkan single hingga album musik dangdut terbaru, sehingga lahir musik-musik dangdut populer. Tak hanya KDI yang mencari peluang menarik audiens, muncul kontes dangdut lain yang dikemas lebih modern dan meriah, yaitu Dangdut Academy (D’Academy saat ini) kontes ini tidak hanya mencari bibit-bibit unggul penyanyi dangdut, tetapi mereka menilai hingga ke gaya juga penampilan kontestan, sehingga melahirkan jebolan artis dangdut yang modern dan populer tidak tergerus oleh waktu mengikuti perkembangan zaman. Artis jebolan D’Academy tiap tahunnya selalu menjadi artis dangdut yang populer, bahkan hingga mereka menciptakan lagu-lagu yang disukai oleh masyarakat, salah satunya adalah Lesti dengan lagu populernya yaitu “Kejora” dengan jumlah pendengar di Spotify lebih dari 1 juta dan Youtube lebih dari 12 Juta penonton, single yang terbaru “Kulepas Dengan Ikhlas” memperoleh lebih dari 1 juta pendengar di Spotify dan lebih dari 42 juta penonton di Youtube.

Suksesnya musik dangdut dari kontes dangdut di televisi, tidak lepas dari persaingan para penyanyi dangdut yang tampil di dunia teknologi digital. Kemunculan era baru dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan label musik dangdut dengan memasuki platform Youtube. Diawali menampilkan artis-artis musik dangdut lokal daerah yang mengcover musik dangdut populer, hingga memperoleh tayangan jutaan penonton dan menjadi trending di Youtube, seperti salah satu artis dangdut fenomenal di Indonesia yaitu Via Vallen dan Nella Kharisma, keduanya populer mencuat ke publik setelah lagu-lagunya di Youtube trending. Lagu berjudul “Sayang” yang dinyanyikan oleh Via Vallen pernah menduduki Trending #1 di Youtube. Dari kepopulerannya tersebut, hingga ia mendapat kesempatan spesial tampil pada acara bergengsi Pembukaan Asian Games 2018 di hadapan Presiden dan Wakil Presiden RI serta pejabat publik dan tamu-tamu negara se-Asia.

Tren dangdut tidak berhenti sampai disitu, pada awal tahun 2019 hadir penyanyi lawas Didi Kempot yang dikenal dengan lagu lawasnya “Stasiun Balapan”, dangdut yang dibawakan Didi Kempot beraliran Dangdut Campursari Jawa yang membawakan lirik suasana perasaan hati. Kepopuleran Didi Kempot dengan lagunya yang berhasil menarik perhatian generasi muda, dengan liriknya yang sangat menghayati dan menggambarkan perasaan anak muda saat ini, hingga beliau dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart” dan julukan untuk fansnya adalah “Sobat Ambyar”, Lagu dengan judul “Cidro” dan “Pamer Bojo” menjadi lagu terpopuler yang ia bawakan, lagu tersebut menggambarkan perasaan dan juga pesan yang mendalam dalam urusan percintaan.

Tahun 2020 merupakan masa pahit bagi seluruh masyarakat di dunia, Pandemi Covid-19 membuat orang di berbagai belahan dunia harus menjalani hidup berubah, yaitu tetap di rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Selama pandemi ini masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan di rumah dengan mengandalkan gadget dan internetnya masing-masing, mau tidak mau mereka harus melakukan kegiatan yang tetap produktif walaupun di rumah saja. Kepopuleran media sosial merupakan kesempatan di masa-masa seperti ini. Media sosial TikTok salah satunya, platform yang menyediakan konten video dan mengedit video kepada penggunanya. Kepopuleran musik dangdut tentunya dimanfaatkan juga dari platform ini, cuplikan-cuplikan video dengan potongan musik dangdut, membawa musik dangdut semakin dikenal seluruh Indonesia oleh kalangan generasi millennial hingga generasi Z. Salah satu kepopuleran musik dangdut di TikTok adalah munculnya konten dengan cuplikan slogan “Tarik Sisss, Semongko” yang diiringi dengan musik dangdut, seakan membuat para penontonnya akan berjoget mendengarnya.

Dalam perkembangannya, musik dangdut dari tahun ketahun berusaha bangkit dan terus berkreasi di tengah kemajuan teknologi. Para insan permusikan dangdut berlomba-lomba untuk menghadirkan musik dangdut yang berkualitas, serta disukai oleh berbagai kalangan, sosial, dan ekonomi masyarakat. Dangdut tidaklah lagi musik zaman dahulu dengan citranya yang buruk, kini dangdut merupakan musik populer yang dapat didengar dan disukai oleh siapapun dari tua hingga muda, dangdut akan tetap bertahan tidak tergerus oleh waktu. Kini giliran generasi muda Indonesia, dengan kesempatan yang sangat besar untuk membangun industri permusikan khususnya aliran dangdut populer hingga ke mancanegara.

 

Referensi:

Anggraini, E. (2017). Spotify: Orang Indonesia Dengarkan Musik 3 Jam Sehari. Diakses pada 3 Desember 2020, melalui https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170510150652-185-213843/spotify-orang-indonesia-dengarkan-musik-3-jam-sehari

Hardian, L.N. (2020). Sebagian Jebolan KDI Pertama Ini Masih Eksis di Dunia Hiburan. Diakses pada 3 Desember 2020, melalui https://www.brilio.net/selebritis/potret-dulu-vs-kini-8-jebolan-kdi-pertama-perubahannya-manglingi-200903x.html

Johansson, B. B. (2006). Music and brain plasticity. European Review, 14(1), 50‐64.

Portal Informasi Indonesia (2018). Evolusi Dangdut Indonesia. Diakses pada 3 Desember 2020, melalui https://indonesia.go.id/ragam/komoditas/ekonomi/evolusi-dangdut-indonesia

Weintraub, A. N. (2010). Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia, terjemahan Arif Bagus Prasetyo (2012). PT Gramedia, Jakarta.

 

Penulis: Faiq Naufal Farras | Mahasiswa S1 Reguler Ilmu Komunikasi angkatan 2018 

1…2021222324…28

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

Agustus 2025
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
« Jul    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY