Magister Ilmu Komunikasi

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada (UGM) hadir untuk menjawab perubahan zaman yang pesat terutama terkait dengan dinamika komunikasi, informasi dan teknologi. Program ini mulai berdiri pada tahun 2005 sebagai bagian dari Program S2 Ilmu Politik dengan konsentrasi Ilmu Komunikasi. Tiga tahun kemudian, yakni pada tahun 2008, program ini berdiri sebagai Program S2 Komunikasi (selanjutnya disebut dengan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi) di bawah naungan Departemen Ilmu Komunikasi. Sebagai bagian dari Departemen Ilmu Komunikasi, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM mengemban tugas untuk mencapai pelaksanaan tujuan pendidikan ilmu komunikasi di UGM, dan menyusun program pembelajaran tingkat lanjut di bidang komunikasi.

Prodi Magister Ilmu Komunikasi mempunyai tujuan pendidikan sebagai berikut: (1) menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, dapat mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang sesuai dengan misi, visi, dan tujuan penyelenggaraan pendidikan di UGM, (2) menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teoritik dan analitik di bidang ilmu komunikasi, (3) menghasilkan lulusan yang responsif dan adaptif terhadap dinamika komunikasi dan perkembangan teknologi komunikasi, dan (4) menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan penelitian di bidang ilmu komunikasi.

Pada perkembangannya, perubahan lanskap ekosistem keilmuan komunikasi sebagai akibat inovasi teknologi informasi dan komunikasi menuntut Program Studi Magister Ilmu Komunikasi beradaptasi dengan menajamkan konsentrasi ke arah isu-isu digital. Sehingga, tujuan program ini bertransisi ke arah kajian komunikasi digital, dengan membuka empat peminatan sesuai dengan peta kompetensi dan kebutuhan calon mahasiswa, yaitu studi komunikasi, manajemen komunikasi, kebijakan komunikasi, dan kajian media dan budaya.