• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang DIKOM
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Program Studi
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu
  • Beranda
  • Berita
  • Kuliah Praktisi bersama Catchlight Production

Kuliah Praktisi bersama Catchlight Production

  • Berita
  • 25 Maret 2017, 21.42
  • Oleh: admin
  • 0

 

Dikom kedatangan dua praktisi  iklan dari Catchlight Production pada Kamis, 24 Maret 2017. Kelas praktisi yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Produksi Iklan tersebut dilaksanakan di ruang BG 204 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan pembicara Iqbal Hamdan dan Luhki Herwanayogi. Kelas praktisi ini dirancang secara khusus dengan tujuan agar para mahasiswa mampu menangkap kebutuhan pasar khususnya pada bidang periklanan.

Pada kesempatan tersebut, Luhki Herwanayogi menyampaikan bahwa dunia periklanan saat ini membutuhkan banyak ide gila namun secara budget mampu ditekan. Oleh sebab itu, kita yang sudah terjun didunia periklanan atau pun individu yang akan terjun di dunia periklanan harus mampu mencari jalan tengah mengatasi dilema ini. Salah satu caranya, seperti jangan pernah terpaku pada satu ide. Industri periklanan merupakan industri kreatif, buatlah ide sebanyak-banyaknya dan timbanglah untung ruginya.

Di lain pihak, Iqbal Hamdan yang juga merupakan alumni Departemen Ilmu Komunikasi UGM menyarankan mahasiswa ilmu komunikasi untuk terbiasa membuat perencanaan yang matang. Menurutnya, perencanaan yang tidak matang dalam dunia periklanan akan merugikan agensi periklanan. Biasanya, budget akan membengkak jika perencanaan mengenai talent, artistik, lokasi, alat, dan pengambilan gambar tidak baik.

Wejangan Iqbal menjadi penting bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ingin terjun dalam dunia periklanan agar terbiasa untuk memproduksi berbagai ide iklan yang gila. Selain itu, mahasiswa komunikasi harus terbiasa berfikir kritis untuk menimbang setiap ide yang akan dieksekusi. “Rencanakan ide yang akan dieksekusi sebaik mungkin dan pertimbangkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi sehingga secara tidak langsung akan menghasilkan rencana cadangan,” tutur Iqbal.

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

Mei 2025
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
« Apr    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY