• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu
  • Home
  • Berita

Kuliah Praktisi bersama Catchlight Production

  • Berita
  • 25 Maret 2017, 21.42
  • Oleh : admin

 

Dikom kedatangan dua praktisi  iklan dari Catchlight Production pada Kamis, 24 Maret 2017. Kelas praktisi yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Produksi Iklan tersebut dilaksanakan di ruang BG 204 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan pembicara Iqbal Hamdan dan Luhki Herwanayogi. Kelas praktisi ini dirancang secara khusus dengan tujuan agar para mahasiswa mampu menangkap kebutuhan pasar khususnya pada bidang periklanan.

Pada kesempatan tersebut, Luhki Herwanayogi menyampaikan bahwa dunia periklanan saat ini membutuhkan banyak ide gila namun secara budget mampu ditekan. Oleh sebab itu, kita yang sudah terjun didunia periklanan atau pun individu yang akan terjun di dunia periklanan harus mampu mencari jalan tengah mengatasi dilema ini. Salah satu caranya, seperti jangan pernah terpaku pada satu ide. Industri periklanan merupakan industri kreatif, buatlah ide sebanyak-banyaknya dan timbanglah untung ruginya.

Di lain pihak, Iqbal Hamdan yang juga merupakan alumni Departemen Ilmu Komunikasi UGM menyarankan mahasiswa ilmu komunikasi untuk terbiasa membuat perencanaan yang matang. Menurutnya, perencanaan yang tidak matang dalam dunia periklanan akan merugikan agensi periklanan. Biasanya, budget akan membengkak jika perencanaan mengenai talent, artistik, lokasi, alat, dan pengambilan gambar tidak baik.

Wejangan Iqbal menjadi penting bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ingin terjun dalam dunia periklanan agar terbiasa untuk memproduksi berbagai ide iklan yang gila. Selain itu, mahasiswa komunikasi harus terbiasa berfikir kritis untuk menimbang setiap ide yang akan dieksekusi. “Rencanakan ide yang akan dieksekusi sebaik mungkin dan pertimbangkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi sehingga secara tidak langsung akan menghasilkan rencana cadangan,” tutur Iqbal.

Related Posts

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 H, Sobat Dikom!

Informasi Umum Sabtu, 6 September 2025

Yogyakarta, 6 September 2025 – Hallo sobat DIKOM! Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1447 H. Peringatan ini […].

Rilis Berita “UGM Terapkan Sementara Perkuliahan Daring Mulai 1–4 September 2025”

Berita Senin, 1 September 2025

Yogyakarta, 1 September 2025 – Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan kebijakan penyelenggaraan perkuliahan secara daring untuk seluruh mahasiswa pada 1–4 September 2025. Ketentuan ini disampaikan melalui surat edaran resmi Nomor 10394/UN1.P1/Dir-PP/KP.02.02/2025 yang dikeluarkan oleh Wakil […].

Rilis Berita PIONIR Society 2025 Resmi Dibuka, “Derap Bara Arunika” Kobarkan Semangat Perubahan dan Komunikasi untuk Negeri

Berita Jumat, 15 Agustus 2025

Yogyakarta, 15 Agustus 2025 – Departemen Ilmu Komunikasi, FISIPOL Universitas Gadjah Mada turut ambil bagian dalam pembukaan resmi rangkaian kegiatan PIONIR Society 2025. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru FISIPOL tahun ini mengangkat tema “Derap Bara Arunika: […].

Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Tampil di Mahaditya, Kotabaru Heritage Film Festival 2025

Informasi Umum Rabu, 13 Agustus 2025

Yogyakarta, 13 Agustus 2025 – Hallo sobat DIKOM! Mahasiswa Universitas Gadjah Mada dari Departemen Ilmu Komunikasi kembali menunjukkan kiprah gemilang dalam bidang non-akademik. Salah satu karya sinematik terpilih untuk ditayangkan dalam program Mahaditya, bagian dari […].

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

September 2025
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Agu    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM