Aktivitas Mahasiswa S1

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi dapat terlibat aktif di berbagai organisasi yang ada di Departemen Ilmu Komunikasi, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maupun di Unit Kegiatan Mahasiswa UGM. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi menjadi satu organisasi khusus untuk mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi. HMJ tersebut bernama KOMAKO yang di bawahnya terdapat Badan Semi Otonom yang mewadahi kreativitas para mahasiswa.

KOMAKO singkatan dari Korps Mahasiswa Komunikasi. Organisasi ini berdiri pada tahun 1982 dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai intelektualitas, menjadi penyalur aspirasi, menjadi wadah kreasi, minat, dan bakat mahasiswa S1, Departemen Ilmu Komunikasi, FISIPOL UGM.

Dalam merancang dan melaksanakan programnya, KOMAKO berpegang pada asas-asas Pancasila serta selalu bersandar pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program kerja pun diarahkan sebaik mungkin untuk menyesuaikan pada kebutuhan dan aspirasi mahasiswa S1 Departemen Ilmu Komunikasi sebagai anggota Komako.

Info lebih detail dapat diakses dalam laman Instagram KOMAKO.

Badan Semi Otonom (BSO) yang berada di bawah KOMAKO, yaitu: Kine, PPC, Deadline, dan Premiere.

  1. Kinekom UGM (Kine)
    Kine adalah BSO yang berkonsentrasi di bidang perfilman. Kine merupakan komunitas film mahasiswa pertama di Yogyakarta. Awalnya kegiatan Kine hanya terbatas pada apresiasi film melalui screening film dan diskusi mengenai dunia perfilman. Namun, seiring perkembangan zaman dan pergantian pengurus, muncul gagasan untuk memproduksi film sebagai wadah ekspresi dan kreasi mahasiswa. Tanpa menghilangkan tujuan awalnya sebagai apresiator film, kini Kine aktif dalam produksi film-film pendek dan merintis keikutsertaannya dalam berbagai lomba film mahasiswa.
  2. Publicia Photo Club
    Publisia Photo Club yang lebih sering disingkat dengan nama PPC merupakan BSO tertua di Departemen Ilmu Komunikasi UGM. PPC adalah BSO yang berkegiatan di dunia fotografi dan menerapkan keanggotaan kolektif sehingga membolehkan siapa saja untuk bisa mengikuti setiap kegiatan di dalamnya –selama masih berada di lingkup akademik Jurusan Ilmu Komunikasi UGM. Setiap tahunnya, PPC selalu mengadakan program kerjanya dengan rutin, seperti: Diklat dasar, PPC Day, Pameran dasar, Hunting bersama, Kelas fotografi, dan sebagainya. Karya fotografi para anggota dipublikasikan melalui pameran dan juga mengunggahnya melalui media sosial.
  3. DeADline
    DeADline bergerak di bidang periklanan. DeADline memiliki kegiatan rutin mulai dari kumpul bersama anggota (#DeADday) untuk berbagi pengalaman, coaching class, hingga bedah brief iklan. Kegiatan yang terakhir ini dilaksanakan terutama menjelang produksi bersama dan/atau mendekati kompetisi. Kegiatan tersebut melibatkandosen dan senior-senior DeADline yang sudah lebih berpengalaman. Sejak berdiri pada tahun 2008, DeADline kerap menorehkan prestasi.
  4. PRemiere
    PRemiere merupakan BSO yang berfokus di bidang Public Relations (PR). BSO yang baru didirikan pada 2012 ini memiliki berbagai program kerja yang bertujuan mengasah keterampilan profesional dan pengetahuan anggotanya mengenai dunia hubungan masyarakat (humas). Contoh program PRemiere antara lain: kelas praktisi,workshop, sharing alumni,company visit, dan manner class. Selain menunjang kemampuan akademik anggotanya, kegiatan PRemiere pun berkontribusi dalam membangun jaringan magang di berbagai perusahaan.