Tentang DECODE

DECODE (Digital Media and Communication Research Center) merupakan pusat kajian di bawah DIKOM yang berfungsi untuk mengembangkan penelitian media digital dan komunikasi.
Pusat kajian ini berdiri tahun 2016 menggantikan pusat kajian sebelumnya, NEWMESIS (New Media Studies).
Pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat mencakup keragaman lokus kajian yang saat ini menjadi perhatian DIKOM.

Visi Misi

Visi

Menjadi center of excellent riset media digital dan komunikasi di Indonesia

Misi

  1. Mengelola aktivitas riset  media digital dan komunikasi yang dilakukan oleh staf pengajar DIKOM dan tim peneliti DECODE;
  2. Mempublikasikan hasil-hasil riset di Departemen Ilmu Komunikasi untuk memperluas akses publik sekaligus membangun identitas lembaga;
  3. Memberi layanan riset atau pelatihan pada pihak eksternal yang memiliki relevansi dengan pengembangan ilmu komunikasi.

Strategi Riset

Departemen Ilmu Komunikasi membagi kegiatan penelitian ke dalam tiga kategori

Penguatan Kurikulum

Penguatan Kepakaran

Penguatan Kerjasama Stakeholder

Riset diarahkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, seperti pengembangan kurikulum, metode pembelajaran dan persiapan materi perkuliahan.

Riset dimaksudkan untuk membangun atau memperkuat kepakaran staf pengajar di Departemen Ilmu Komunikasi.

Penelitian ini diorientasikan untuk dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan di bidang komunikasi dan media terkait dengan persoalan-persoalan yang sedang berkembang.
Riset ini bertujuan untuk dapat memberikan solusi bagi penyelesaian persoalan di masyarakat dan membantu stakeholder dalam memberikan rekomendasi kebijakan.

Saat ini DECODE menaruh perhatian pada empat area penelitian (research clusters) terkait dengan penelitian berorientasi stakeholders, yaitu:

  1. Strategic communication.
    Berfokus pada penelitian-penelitian yang berhubungan dengan bidang periklanan, public relations dan beragam isu komunikasi strategis lainnya.
  2. Media and communication policy.
    Berfokus pada penelitian-penelitian yang dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan baik bagi institusi publik maupun swasta yang berhubungan dengan persoalan media dan komunikasi.
  3. Communication self-dependence and literacy.
    Berfokus pada penelitian-penelitian yang dapat menjadi rujukan bagi upaya-upaya penguatan masyarakat dalam berkomunikasi dan bermedia, seperti penguatan media komunitas (non-komersial), media literasi, citizen journalism dan sebagainya.
  4. Creative content and fictional media.
    Berfokus pada penelitian-penelitian yang dapat memberikan input atau bahan bagi pengembangan produksi konten, visual arts, games, dan sebagainya.

Program Penunjang

Konsultasi & Pelatihan

DECODE menerima konsultasi dan menyelenggarakan pelatihan atau workshop bagi publik internal untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pembelajaran DIKOM dan publik eskternal untuk membantu lembaga atau organisasi di luar kampus dalam memperkuat kapasitas institusional terkait bidang media dan komunikasi.

Event

DECODE menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk promosi Departemen Ilmu Komunikasi, kampanye sosial, konferensi, seminar, diskusi, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. DECODE membuka diri bekerjasama dengan pihak eksternal dalam penyelenggaraan kegiatan sepanjang kegiatan bersifat akademis dan berorientasi pada kepentingan publik.

Pusat Data Riset & Publikasi

DECODE mengembangkan sistem manajemen database untuk mendokumentasi hasil-hasil penelitian dan melakukan publikasi terkait hasil-hasil penelitian dan karya-karya mahasiswa.

Lewat ke baris perkakas