Aktivitas


  • PUBLIKOM GAMA adalah organisasi perikatan alumni Jurusan Publisistik/Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. ’PUBLIKOM GAMA’ merupakan akronim dari Paguyuban Alumni Ilmu Komunikasi UGM, sekaligus paduan dari dua nama bersejarah: Publisistik dan Komunikasi. PUBLIKOM GAMA dideklarasikan di Yogyakarta pada 13 Mei 2017 dan disiapkan menjadi organisasi alumni berbadan hukum ”Perkumpulan”.
  • Sebagai organisasi alumni, PUBLIKOM GAMA dirancang mengambil peran yang signifikan dan strategis dalam sinergitas antara perguruan tinggi, pemerintah, dan industri (triple helix). Konkretnya, sebagai salah satu elemen dari perguruan tinggi, PUBLIKOM GAMA menyelenggarakan serangkaian upaya – dalam bentuk program dan kegiatan – untuk melakukan penguatan terhadap almamater.
  • Program kerja dan kegiatan PUBLIKOM GAMA difokuskan pada kontribusi alumni kepada mahasiswa dan dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM lewat ’sharing’ dan transfer pengetahuan alumni dari berbagai profesi melalui beragam format kegiatan.
  • Seluruh potensi alumni akan diberdayakan maksimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing Departemen Ilmu Komunikasi sebagai salah satu program studi favorit di UGM. PUBLIKOM GAMA memosisikan diri lebih sebagai kolaborator agar kontribusi alumni terkelola dengan baik: berlangsung rutin, berjangka panjang, tidak sporadis.
  • Keanggotaan PUBLIKOM GAMA terbuka bagi lulusan Jurusan Publisistik/Jurusan Ilmu Komunikasi/Departemen Ilmu Komunikasi: S1, S2, D3 maupun mereka yang pernah terdaftar secara resmi sebagai mahasiswa Publisistik/Ilmu Komunikasi UGM.
  • PUBLIKOM GAMA adalah organisasi nirlaba dan non-partisan.

VISI

Optimalisasi peran dan kontribusi alumni dalam mendukung peningkatan kapasitas alumni dan aktivitas pembelajaran di Departemen Ilmu Komunikasi UGM sebagai implementasi dari sinergitas perguruan tinggi, pemerintah, dan industri (triple helix).

MISI

  1. Memperkuat jaringan dan kerja sama alumni di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.
  2. Meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan kemampuan profesional alumni dan almamater.
  3. Memfasilitasi alumni dan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan profesional di berbagai bidang dan peminatan.
  4. Menjembatani mahasiswa untuk mendapatkan akses yang maksimal dengan dunia kerja.

ORGANISASI DAN KEALUMNIAN

  1. Mengkoordinasikan pembentukan badan hukum organisasi (akta notaris dan legalitas lainnya).
  2. Pemetaan dan pendataan alumni berbasis profesi: database
  3. Penguatan jaringan alumni dengan memelihara aset afektif: pengelolaan website dan platform media sosial lain, pembuatan e-newsletter, reuni, halal bihalal, gathering, dll.
  4. Mengoptimalkan fungsi Dewan Pertimbangan Organisasi untuk memacu pencapaian pelaksanaan program kerja.

KERJA SAMA DAN KEMITRAAN

  1. Menjajaki dan menjalin kerja sama kemitraan dengan pihak ketiga, utamanya terkait implementasi program kerja organisasi.
  2. Membangun jaringan dan menggalang dukungan dari pihak ketiga, khususnya berkaitan dengan pemberian beasiswa untuk mahasiswa, juga sponsorship untuk kegiatan-kegiatan organisasi.
  3. Menjajaki potensi dan peluang mendapatkan ”dana abadi” untuk mendukung bergulirnya aktivitas organisasi. Misalnya, melalui penggalangan dana alumni, pembuatan merchandise, atau merencanakan event

PENGEMBANGAN PROGRAM ORGANISASI

  1. Membuat desain (mencakup perumusan dan pengembangan) program kerja serta kegiatan organisasi, terutama yang mengait dengan bidang pendidikan dan pelatihan.
  2. Menyiapkan detail rancangan program hingga agenda pelaksanaan: diskusi bulanan (isu aktual dan agenda setting), update isu per semester di ranah industri komunikasi, dan seminar/workshop tematik tahunan mengacu pada empat bidang peminatan di Departemen Ilmu Komunikasi: periklanan, kehumasan, jurnalisme dan media hiburan.
  3. Menginisiasi kegiatan bersama yang memberikan kemanfaatan luas untuk masyarakat.

PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KESEMPATAN KERJA

  1. Berkoordinasi dengan Bidang Pengembangan Program, melakukan upaya-upaya untuk mendukung peningkatan kompetensi alumni, dosen dan mahasiswa, melalui serangkaian kegiatan.
  2. Melaksanakan bimbingan dan konsultasi bagi mahasiswa semester akhir dan alumni fresh graduate, dengan titik fokus pada strategi memenangkan kompetisi di dunia kerja.
  3. Melaksanakan kegiatan pemagangan bagi mahasiswa semester akhir di semua bidang peminatan, khususnya di instansi-instansi yang dipimpin atau direkomendasi oleh alumni.
  4. Menyelenggarakan bursa kerja atau job fair Ilmu Komunikasi dengan format kekinian.

KAJIAN DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN KOMUNIKASI

  1. Merancang dan melaksanakan kegiatan ilmiah dalam bentuk pertemuan atau penelitian dengan tujuan mengembangkan keilmuan komunikasi.
  2. Menerbitkan jurnal atau karya ilmiah yang ditulis oleh dosen atau alumni untuk dipublikasikan secara luas.
  3. Memanfaatkan jaringan alumni dan perkembangan teknologi komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing Departemen Ilmu Komunikasi UGM.