Halo, Sobat Dikom!
Ada kabar gembira spesial untuk Sobat Dikom, nih! Kini, buku Jagat Komunikasi Kontemporer: Ranah, Riset, dan Realitas kembali open access. Sobat Dikom sekarang bisa mengakses buku ini secara gratis, pun menyebarkannya kepada teman, saudara, dan keluarga terdekat.
Buku berjudul Jagat Komunikasi Kontemporer: Ranah, Riset, dan Realitas ini merupakan buah perenungan para dosen dan peneliti di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM mengenai dinamika perkembangan terkini dalam kajian Ilmu Komunikasi. Artikel yang termuat dalam buku ini mencakup analisis mutakhir yang berkembang dalam empat konsentrasi di DIKOM, yaitu: Jurnalisme, Public Relations, Advertising, dan Media Hiburan. Dinamika jurnalisme kontemporer menunjukkan permasalahan jurnalistik akibat fenomena fragmentasi sosial, sentimen negatif, politisasi informasi, dan berbagai bentuk konten negatif, termasuk ujaran kebencian, fake news, dan stereotyping.
Sebagai gambaran besar, terdapat 14 bab yang secara khusus ditulis oleh dosen-dosen Departemen Ilmu Komunikasi UGM, yaitu:
- Pendahuluan: Mengulik Jagat Ranah, Riset, dan Realitas Komunikasi oleh Muhamad Sulhan
- Keberagaman Media dan Pers Era Digital: Pluralisme Agonistik sebagai Perspektif oleh Gilang Desti Parahita
- Memahami Berita dan Kekacauan Informasi: Urgensi Literasi Berita untuk Pengajaran Media dan Jurnalisme oleh Novi Kurnia
- Jurnalisme Politik di Indonesia: Antara Paralelisme Politik dan Instrumentalisasi Media oleh Wisnu Prasetya Utomo
- Kiprah Perempuan dalam Jurnalisme: Refleksi bagi Jurnalis Perempuan Indonesia oleh Zainuddin Muda Z. Monggilo
- Memperkaya Kajian Public Relations di Indonesia oleh I Gusti Ngurah Putra
- Menyegarkan Kembali Kajian Komunikasi Politik di Indonesia: Visualisasi, Ideasi, dan Mediatisasi Politik Sebagai Domain Kajian dan Paradigma Riset Alternatif oleh Nyarwi Ahmad
- Transformasi Model Periklanan: Dari Era Pre-industrial Hingga Era Interaktif Global oleh Widodo Agus Setianto
- Personalisasi dalam Periklanan Digital oleh Syaifa Tania
- Melampaui yang “Remeh-Temeh”: Media Hiburan Sebagai Bidang Kajian Ilmu Komunikasi oleh Budi Irawanto
- Jurnalisme Game: Merangkai Jurnalisme dan Media Hiburan oleh Wisnu Martha Adiputra
- Produksi dan Monetisasi Kanal YouTube oleh Irham Nur Anshari
- Aktualisasi Diri dan Media Hiburan: Menyoal Kaum Muda dalam Ruang Media Sosial oleh Mashita Fandia
- Penutup: Agenda Pembelajaran, Riset, dan Advokasi oleh Lidwina Mutia Sadasri
Yuk, segera akses di tautan digitalpress.ugm.ac.id/book/380, karena open access hanya terbuka dari tanggal 19 September 2022 sampai 25 September 2022.
Selamat menikmati hidangan ilmu, Sobat Dikom! 😄