• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang DIKOM
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Program Studi
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu

Informasi Surat Rekomendasi dan SPTJM MSIB Batch 4

Informasi Umum Senin, 26 Desember 2022

Salam semangat, Sobat Dikom!

Bagi sobat yang berencana untuk mengikuti Magang MSIB Batch 4 dan membutuhkan Surat Rekomendasi dan SPTJM, berikut alur yang dapat diikuti, yaitu:

  1. Mahasiswa meminta surat rekomendasi atau surat pengantar ke Prodi masing-masing
  2. Mahasiswa mendownload templete SPTJM di http://ugm.id/SPTJMMSIBAngkatan4
  3. SPTJM dilengkapi sesuai data mahasiswa
  4. Mahasiswa dan orangtua melakukan tanda tangan basah. Tanda tangan mahasiswa di atas materai Rp 10.000
  5. Mahasiswa mengajukan Surat Rekomendasi ke Fakultas dengan templete di http://ugm.id/SuratRekomendasiMSIBBatch4
  6. Mahasiswa mengirimkan Surat pengantar dari Prodi, SPTJM dan Surat Rekomendasi ke email: kemahasiswaan.fisipol@ugm.ac.id
  7. SPTJM dan surat Rekomendasi akan dikirimkan admin Fakultas kepada mahasiswa melalui email kembali.

Semoga alur tersebut dapat membantu Sobat Dikom dalam proses persiapan dokumen pendaftaran MSIB Batch 4. Semoga sukses, Sobat!

Informasi Linimasa Heregistrasi Semester Genap 2022/2023

Informasi Umum Senin, 26 Desember 2022

Setelah satu semester ini berakhir, bagaimana kabarmu Sobat Dikom?
Semoga baik selalu, ya!

Untuk menyambut datangnya semester baru di tahun depan, Dikom ingin memberikan informasi mengenai Linimasa Heregistrasi Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Berikut linimasa secara urut yaitu:

  1. Pengajuan Penundaan atau Keringanan UKT (20 Desember 2022–20 Januari 2023)
  2. Batas Pengajuan Perpanjangan Masa Studi dan Permohonan Izin Aktif Kembali (20 Januari 2023)
  3. Periode Pembayaran UKT Non-Penundaan (2–31 Januari 2023)
  4. Batas Pengajuan Cuti Akademik (15 Februari 2023)
  5. Periode Pembayaran UKT Penundaan (13–24 Maret 2023)
  6. Pengajuan Keringanan Pengembalian UKT/Refund (3–14 April 2023)

Di samping linimasa heregistrasi, terdapat alur pengajuan sebagai berikut, yaitu:

  1. Login ke simaster.ugm.ac.id dengan menggunakan SSO UGM
  2. Memilih periode dan opsi permohonan
  3. Mengunggah berkas dokumen sesuai jenis permohonan
  4. Prodi atau Departemen melakukan verifikasi
  5. Disetujui fakultas
  6. Fakultas melakukan verifikasi

Berikut untuk linimasa heregistrasi dan alur pengajuan. Apabila sobat membutuhkan informasi lebih lanjut, sila mengakses fisipol.ugm.ac.id.

Salam semangat, Sobat Dikom!

Buletin Lab DIKOM Edisi 7

Buletin Senin, 19 Desember 2022

Buletin Lab DIKOM Edisi 6

Buletin Senin, 19 Desember 2022

Buletin Lab DIKOM Edisi 5

Buletin Senin, 19 Desember 2022

Buletin Lab DIKOM Edisi 4

Buletin Senin, 19 Desember 2022

Buletin Lab DIKOM Edisi 3

Buletin Senin, 19 Desember 2022

Informasi Jadwal Pendaftaran Yudisium dan Wisuda Program Pascasarjana Fisipol UGM

Informasi Umum Kamis, 15 Desember 2022

Salam semangat, Sobat Dikom!

Diperuntukkan bagi Sobat Dikom Program Pascasarja, berikut tertulis Jadwal Pendaftaran Yudisium dan Wisuda Program Pascasarjana Periode II Bulan Januari 2023 Semester Gasal TA 2022/2023, dengan rincian:

  1. 7–27 Desember 2022 s.d. 12.00 WIB: Unggah file/naskah (tesis/disertasi) secara online melalui laman http://unggah.etd.ugm.ac.id dengan menggunakan email UGM
  2. 7–29 Desember 2022 s.d. 12.00 WIB: Pendaftaran Yudisium melalui laman student.simaster.ugm.ac.id
  3. s.d. 2 Januari 2023: Pendaftaran Wisuda melalui laman student.simaster.ugm.ac.id
  4. 25 Januari 2023: Pelaksanaan Wisuda mengikuti ketentuan universitas

Terdapat beberapa keterangan dalam pelaksanaan tahapan tersebut, antara lain:

  • Ikuti tahapan pendaftaran wisuda sesuai urutan tahapan di atas
  • Surat Keterangan lulus dapat diajukan melalui laman oss.fisipol.ugm.ac.id dengan syarat nilai tesis/disertasi sudah final
  • Melakukan unggah tugas akhir serta melakukan Exit Survey dan Gama Co-brand di laman simaster.ugm.ac.id
  • Memilih periode yudisium yang sudah ditawarkan oleh Fakultas
  • Melakukan pengecekan dan persetujuan isian data ijazah dengan klik preview ijazah
  • Melakukan pendaftaran wisuda dengan klik Daftar Wisuda
  • Ketentuan unggah foto untuk proses ijazah
    • Ketentuan Foto:
      • Foto berwarna background putih
      • Ukuran maksimal 2 MB dengan rasio 3:4 dan format .jpg
    • Pakaian:
      • Pria: Kemeja putih, dasi hitam, jas hitam (bukan jas almamater)
      • Wanita: Kemeja putih, blazer hitam (bukan jas almamater, bagi yang berjilbab menggunakan jilbab hitam
    • Posisi:
      • Badan dan kepala tegak sejajar menghadap ke depan
      • kedua daun telinga harus terlihat bagi yang tidak berjilbab
      • Tidak menggunakan kacamata hitam, cadar, masker, dan penghalang wajah lainnya

Apabila Sobat Dikom memiliki pertanyaan lebih lanjut, sila hubungi Akademik Pascasarjana Fisipol UGM Gd. Bc Lt. 1 Fisipol UGM, Bulaksumur, Yogyakarta atau Whatsapp 08112542299 (jam kerja).

Semoga diperlancar seluruh prosesnya, Sobat Dikom!

Informasi Umum National Youth Science and Technology Awards 2022

Informasi Umum Rabu, 30 November 2022

Apa kabar, Sobat Dikom? Semoga sehat selalu, ya!

Untuk Sobat Dikom yang tertarik dengan bidang IPTEK, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mempersembahkan National Youth Science and Technology Awards 2022: Festival Pemberdayaan Inovasi IPTEK Pemuda dengan tema Pemuda Indonesia yang Inovatif untuk Indonesia Mandiri, Berdaya Saing. 

Terdapat beberapa rangkaian acara mulai dari November sampai Desember 2022, dengan rincian yaitu:

  • 23 Nov – 2 Des 2022: Publikasi Kegiatan & Penerimaan berkas pendaftaran
  • 25 Nov 2022: Kick Off Festival Pemberdayaan Inovasi IPTEK Pemuda
  • 29 Nov – 6 Des 2022: Seleksi Administrasi & Tahap Penilaian Proposal
  • 7 Des 2022: Pengumuman 10 Top Inovasi
  • 11 Des – 12 Des 2022: Masa Karantina 10 Top Finalis
  • 13 Des 2022: National Youth Science and Technology Awards

Sebelum mendaftarkan diri, terdapat beberapa kriteria yang perlu dipenuhi, yaitu:

  1. WNI berusia 16 s.d. 30 tahun sebelum tanggal 31 Oktober 2022
  2. Peserta terbuka bagi pelajar/mahasiswa/umum
  3. Memiliki karya inovasi teknologi maupun non-teknologi yang dibuat dan/atau dikembangkan baik secara mandiri, berkelompok, maupun berafiliasi dengan pihak tertentu
  4. Karya inovasi minimal sudah mencapai tahap prototype
  5. Karya inovasi yang diikutkan tidak sedang mengikuti kegiatan sejenis dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga
  6. Karya inovasi dapat berupa produk digital maupun non-digital (teknologi tepat guna, rekayasa sains, rekayasa sosial, dsb)
  7. Apabila karya inovasi yang dihasilkan secara berkelompok atau afiliasi dengan pihak tertentu terpilih menjadi Finalis Top 10, maka hanya ada satu perwakilan kelompok yang akan diizinkan dan dibiayai untuk mengikuti rangkaian kegiatan karantina dan penganugerahan secara langsung.

Festival ini menawarkan banyak benefit, beberapa di antaranya adalah:

  1. Uang pembinaan untuk 10 finalis
  2. Fully Funded Program ke Labuan Bajo bersama Arah Pemuda Indonesia untuk 1 finalis terpilih
  3. Kesempatan Validasi Inkubasi oleh IndigoSpace
  4. Paket Kursus Online oleh sciencehunter.id
  5. Sertifikat Penghargaan

Apabila sobat tertarik dan memenuhi kriteria, sila akses form pendaftaran melalui tautan bit.ly/NYSTAWARD2022 paling lambat 2 Desember 2022. 

Untuk informasi lebih lanjut, akses www.kemenpora.go.id atau hubungi nomor +62 812-2352-6190 (Admin NYST Awards 2022)

Selamat mendaftarkan diri, Sobat Dikom. Sending you a massive good luck! 😁

Informasi Survey Program Essential Skills Fisipol UGM

Informasi Umum Rabu, 30 November 2022

Halo, Sobat Dikom!

Bagi Sobat Dikom dan teman-teman Mahasiswa/Mahasiswi Fisipol UGM angkatan 2022 lainnya, kini Fisipol tengah menyelenggarakan survei tentang pendapat sobat mengenai self-assesment kemampuan bahasa serta prioritas kebutuhan essential skills, untuk merancang program Essential Skills bagi mahasiswa Fisipol.

Untuk mengisi survei tersebut, sobat dapat mengaksesnya melalui tautan ugm.id/EssentialSkillsFisipolUGM dengan tenggat waktu pengisian sampai dengan hari Senin, 12 Desember 2022. Terdapat souvenir menarik bagi responden yang beruntung, jadi jangan sampai lupa untuk mengisi ya!

Apabila sobat ingin memperoleh informasi lebih lanjut, sila hubungi e-mail karir.fisipol@ugm.ac.id dengan subject [TANYA] Survey Essential Skills 2022, SMS/Telp 0811-2838-400, atau melalui kantor CDC di Gedung BA 110.

Selamat mengisi ria, Sobat Dikom! 😁

1…1213141516…27

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

Juni 2025
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
« Mei    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY