Halo, Sobat Dikom
Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi doktor di Departemen Ilmu Komunikasi UGM dan sedang mencari tahu lebih dalam tentang program studi kami, Anda dapat mengunduh flyer kami di Flyer S3 Ilmu Komunikasi.
Dalam flyer memuat informasi seputar:
1. Sebaran mata kuliah dan penulisan disertasi
2. Topik khusus
3. Penanggung jawab pendidikan
4. Staf pengajar
5. Sarana dan prasarana
6. Persyaratan pendaftaran
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak dan mengunjungi situs berikut:
+62 811-2954-536 (Admin S3 Dikom)
fisipol.ugm.ac.id (untuk informasi seputar beasiswa Ph.D)
um.ugm.ac.id (untuk tanggal penting pendaftaran)
Halo, salam sehat Sobat Dikom!
Kabar bahagia untuk Sobat Dikom yang ingin mendaftar Kelas Internasional Departemen Ilmu Komunikasi UGM. Berikut kami umumkan jadwal seleksi International Undergraduate Program (IUP) gelombang 2 dan 3 tahun 2021.
Kegiatan | Gelombang 2 | Gelombang 3 |
Pendaftaran | 17 Maret – 12 April 2021 | 10 Mei – 7 Juni 2021 |
Pelaksanaan tes | 22 – 24 April 2021 | 17 – 19 Juni 2021 |
Pengumuman hasil seleksi | Senin, 3 Mei 2021 | Senin, 28 Juni 2021 |
Untuk informasi lain, Sobat Dikom dapat mengunjungi situs berikut:
fisipol.ugm.ac.id (situs resmi Fisipol UGM)
um.ugm.ac.id (situs resmi Ujian Masuk UGM)
Terima kasih, tetap ikuti protokol kesehatan dan jaga kesehatan!
Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2021 telah dibuka!
Bagi mahasiswa/mahasiswi aktif Prodi S1 Departemen Ilmu Komunikasi yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri dengan mengunggah scan berkas yang dibutuhkan dalam format .pdf ke genbidiy.id & simaster.ugm.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Kemahasiswaan Universitas
Selamat bagi pendaftar yang sudah lulus tahap GMST dan AcEPT Gelombang 1 Kelas Internasional Departemen Ilmu Komunikasi UGM.
Invitation to Essay and Interview Tests Department of Communication Science
Kami mengundang pendaftar yang lolos untuk mengikuti tes esai dan wawancara secara daring pada hari Minggu, 20 Februari 2021.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai tes, dimohon untuk bergabung di forum Google Classroom “IUP in Communication Science Intake 1”
Apabila mengalami kendala saat hendak bergabung, silakan menghubungi kami di iup-dikom.fisipol@ugm.ac.id dengan subjek “INTAKE 1_(FULL NAME)”.
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM dengan bahagia mempersembahkan buku kolaborasi dengan Japelidi dan Siberkreasi yang berjudul Kolaborasi Lawan (Hoaks) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi.
Buku ini pada awalnya dirancang untuk mendokumentasikan proses kampanye tersebut. Buku setebal 553 halaman dan terdiri dari 33 bab ini adalah hasil kolaborasi 42 anggota Japelidi sebagai penulis serta disunting 3 editor: Novi Kurnia, Lestari Nurhajati, dan Santi Indra Astuti.
Japelidi sendiri adalah komunitas pegiat literasi digital yang terbentuk sejak 2017 yang saat pandemi tergerak melakukan kampanye lawan hoaks COVID-19. Kampanye yang dilakukan pada Maret hingga Oktober 2020 ini merupakan upaya Japelidi untuk berkontribusi menekan disinfodemi yang sama berisikonya dengan pandemi itu sendiri.
Puluhan konten digital dihasilkan dalam kampanye tersebut. Salah satunya, ‘Jaga Diri jaga Keluarga’ bahkan diproduksi dalam 45 bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Mandarin dan 43 bahasa daerah. Kampanye ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas di berbagai daerah di Indonesia baik secara daring dan luring.
Buku ini tak hanya memaparkan kisah di balik kampanye lawan disinfodemi, tapi juga beragam riset terkini tentang komunikasi dan pandemi sekaligus bervariasi refleksi pengalaman berhadapan secara langsung dengan virus baru yang mematikan itu.
Terima kasih pada Bapak Letjen TNI Doni Monardo (Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19), Anita Wahid (Presidium MAFINDO), Yosi Mokalu (Ketua Umum Siberkreasi), Dr Muhammad Sulhan (Ketua ASPIKOM), Indriyatno Banyumurti (ICT Watch) yang telah memberikan catatan terhadap buku ini.
Segera, unduh bukunya secara gratis, sekarang di http://ugm.id/kolaborasijapelidi
Salam sejahtera,
Kami infokan kepada mahasiswa angkatan 2020 dan sebelumnya yang tidak lulus PPSMB atau DBK, Ditmawa membuka pendaftaran untuk DBK Daring. Adapun DBK Daring terdiri atas rangkaian kegiatan sebagai berikut.
1-10 Februari 2021: Pendaftaran peserta melalui ugm.id/DaftarDBK2021
13 Februari 2021: Workshop perdana
20-21 Februari 2021: DBK Universitas
27-28 Februari 2021: DBK Softskill
Menyesuaikan*: DBK Fakultas
*Menyesuaikan masing-masing Koordinator Gugus Fakultas
Salam sejahtera,
Subdirektorat Kreativitas – Direktorat Kemahasiswaan UGM membuka kesempatan bagi mahasiswa/mahasiswi sarjana maupun diploma untuk mengajukan klaim insentif prestasi. Adapun mahasiswa/mahasiswi dapat melakukan klaim atas prestasi yang diperoleh sepanjang tahun 2020. Klaim dapat dilakukan hingga 20 Februrari 2021 pukul 23.59 WIB.
Info dan prosedur klaim lebih lanjut dapat Saudara/i cermati pada poster terlampir.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada membuka rekrutmen untuk posisi staf administrasi dengan kontrak minimum selama 1 (satu) tahun. Adapun spesifikasi pekerjaan yang kami buka sebagai berikut:
1. Administrasi Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi
Deskripsi pekerjaan:
- Melayani urusan akademik dan kemahasiswaan program S-3
- Mengurus kesekretariatan program S-3
- Mengurus data riset dosen
2. Administrasi Pusat Kajian DECODE
Deskripsi pekerjaan:
- Melayani urusan administrasi dan kesekretariatan Pusat Kajian DECODE
- Mengelola pertemuan dan koordinasi antara Pusat Kajian (Puska) dengan mitra
- Menyusun laporan dan evaluasi kegiatan tepat waktu
Adapun segala syarat dan kualifikasi dari masing-masing bidang pekerjaan dapat Saudara/i cermati lebih lanjut pada poster terlampir.
Sekian dan terima kasih.
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM didukung oleh Japelidi dan SiBerkreasi dengan bahagia meluncurkan dua buku panduan literasi digital bagi Sahabat Perempuan.
Keduanya berisikan kiat-kiat praktis bagi Sahabat Perempuan dalam bermedia sosial dan bertransaksi daring secara bijak dan cermat.
Yuk, Sahabat Perempuan Bermedia Sosial dengan Bijak
http://ugm.id/panduanmedsos
Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring dengan Cermat
http://ugm.id/panduantransaksi
Yuk, unduh gratis sekarang! Mari bersama menjadi agen literasi digital.
Selama Pandemi Covid-19, brand dituntut untuk melakukan perencanaan ulang terhadap alokasi belanja iklan mereka. Hal ini dikarenakan terjadinya banyak perubahan terhadap media-media yang akan digunakan untuk beriklan. Salah satu jawabannya adalah memfokuskan belanja iklan mereka kepada iklan digital. Berdasarkan penelitian Nielsen pada Juli 2020, belanja iklan digital naik sebesar 20% dengan total belanja iklan Rp24,2 triliun dan berada di posisi kedua setelah belanja iklan televisi yang tumbuh sebesar 72% menjadi Rp88 triliun (Siregar, 2020). Meskipun begitu, ada berbagai brand yang kemudian memilih untuk tidak menggunakan media tersebut dan lebih tertarik dengan out of home advertising.
Out of home advertising merupakan media untuk beriklan yang tersedia di luar rumah dimana media ini dapat menjangkau konsumen saat mereka sedang bepergian, menunggu, berbelanja, atau berada di luar tempat tinggal mereka (Kelly, Jugenheimer, & Sheehan, 2015). Media ini seringkali menjadi pilihan yang menjanjikan karena pengiklan dapat memanfaatkan peluang kreatif yang ada untuk membuat pesan di luar ruangan yang berkesan dan unik kepada jangkauan audiens mereka. Oleh karena itu, meskipun media digital dan televisi mengalami kenaikan yang cukup tingga, out of home advertising dapat menjadi pilihan ketika dapat dikemas dengan menarik sehingga bisa menjangkau audiens yang diinginkan.
Berikut beberapa iklan atau campaign melalui out of home advertising yang dilakukan oleh berbagai brand dan mendapat antusiasme dari masyarakat secara masif di berbagai media selama pandemi.
- Himbauan untuk #dirumahaja dari Aqua
Sebuah campaign yang dilakukan Aqua dengan mengajak masyarakat untuk berada di rumah melalui cara yang berbeda ini mendapat respon positif dari masyarakat. Dengan 29,6 ribu likes dan 13,1 ribu retweets, campaign ini telah menjadi perbincangan di media sosial, khususnya Twitter. Hal ini dikarenakan konsep yang dibawa cukup berbeda dan membuat orang menjadi tertarik dengan isinya sehingga pesan untuk #dirumahaja dapat tersampaikan secara mudah.
- Prepp Studio Marketing Campaign dari Arief Muhammad
Berbeda dengan billboard yang digunakan oleh Aqua, teknik marketing campaign yang dilakukan oleh Arief Muhammad bersama Prepp Studio ini terbilang sangat menarik perhatian. Pasalnya, pada saat yang bersamaan sedang terjadi aksi demonstrasi di sejumlah daerah terkait adanya penentangan terhadap Omnibus Law kepada DPR RI.
Dengan copy yang menarik dan seakan menjawab bahwa ketika banyaknya aksi demonstrasi, Arief Muhammad kemudian mengajukan diri untuk siap menjadi nomor satu. Padahal setelah pernah menjadi trending di Twitter, Arief mengungkap bahwa dirinya siap menjadi nomor satu, dalam memimpin brand fashionnya, yaitu Prepp Studio.
- Email Reveal dari Traveloka
Penggunaan nillboard digital yang dilakukan oleh Traveloka ini apabila dilihat secara sekilas merupakan kesalahan teknis yang dilakukan ketika memasang bahan yang akan dijadikan dalam billboard.
Namun, ketika diamati secara seksama, ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Traveloka untuk menarik perhatian masyarakat di sekitarnya agar sejenak memandang dan mengamati billboard ini. Billboard Traveloka ini berisi laman email yang sedang membuka pesan untuk materi dari billboard ini, yaitu program EPIC Sale yang dilakukan oleh Traveloka. Dengan mendapat perhatian karena bentuknya unik, banyak netizen yang kemudian memuji cara marketing dari Traveloka ini.
Dari ketiga contoh tersebut, dapat ditemukan satu pola dimana cara yang unik untuk melakukan pemasaran seringkali mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat telah bosan dengan bentuk pemasaran yang sifatnya repetitif dan mudah ditebak. Oleh sebab itu, penggunaan out of home advertising dapat menjadi salah satu media yang dapat dikreasikan ketika akan melakukan pemasaran.
Referensi:
Kelly, L.D., Jugenheimer D.W., Sheehan K.B. (2015). Advertising Media Planning: A Brand Management Approach. Fourth Edition. New York: Routledge.
Siregar, B.P. (2020, Juli). Belanja Iklan Televisi Melonjak 72% Selama Pandemi. Diakses pada 1 Desember 2020 dari https://www.wartaekonomi.co.id/read301101/belanja-iklan-televisi-melonjak-72-selama-pandemi
Penulis: Khairi Muhammad Zuhdi | Mahasiswa S1-Reguler Angkatan 2018