• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang DIKOM
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Program Studi
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu

Kongres Pertama Publikom Gama

Berita Jumat, 12 Mei 2017

 

Jumat, 12 Mei 2017, puluhan alumni Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mendeklarasikan Paguyuban Alumni Ilmu Komunikasi (Publikom Gama). Bertempat di Gedung FISIPOL UGM, kongres tersebut membahas Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Paguyuban serta pemilihan Ketua Publikom Gama periode 2017-2022.

Pada kongres pertama Publikom Gama yang mempunyai agenda utama pembahasan AD/ART dan pemilihan ketua, Imam Wahyudi secara musyawarah terpilih sebagai ketua paguyuban. “Terima kasih atas kongres yang sangat luar biasa ini. Mudah-mudahan saat bekerja nanti bisa juga  luar biasa seperti ini,” kata Imam pada sambutannya sebagai Ketua Publikom Gama periode 2017-2022.

Imam menambahkan, pendeklarasian Publikomi Gama diharapkan mampu memperkuat hubungan antara Departemen Ilmu Komunikasi dengan para alumni dalam berbagai bidang. Hubungan kerjasama tersebut meliputi kontribusi alumni dalam program magang (internship), kerjasama penelitian, penciptaan akses ke dunia kerja, dan penyelenggaraan event. Oleh karena itu, dibutuhkan partisipasi dari seluruh elemen Departemen Ilmu Komunikasi karena tugas ini tidak mudah.

Pada akhir sambutannya, Imam mengingatkan pentingnya peran paguyuban kepada seluruh peserta kongres pertama Publikom Gama. “Publikom Gama tidak akan berarti apa-apa tanpa partisipasi kita semua, sekali lagi ini kita didirikan semata-mata untuk kebaikan kita bersama dan Departemen Ilmu Komunikasi UGM” tutupnya.

Mahasiswa DIKOM Menjadi Juara dalam Kompetisi PR PRESCO 2017

Berita Minggu, 2 April 2017

 

Pada tanggal 30 maret – 1 april 2017 yang lalu, salah satu tim mahasiswa DIKOM baru saja mengikuti dan menjuarai PRESCO-KOMUNIKASI FIESTA 2017, sebuah kompetisi public relation yang diadakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Suarabaya. Tim tersebut terdiri dari Hary Cahyono (DIKOM 2013), Putri Cahyaningtyas (DIKOM 2014) dan Esty Nadi R (DIKOM 2014). Mereka berhasil mengalahkan 9 tim lain dalam babak final kompetisi public relation yang mengusung tema Action Needed for Global Warming.

Kompetisi ini terbagi menjadi 2 babak yaitu babak penyisihan dan final. Pada babak penyisihan mereka ditantang untuk membuat program komunikasi krisis sebuah perusahaan. Tim ini memilih sebuah perusahaan kelapa sawit dan menawarkan program tanam pohon dan palm oil art untuk menangani krisis yang dialami. Sedangkan pada babak final, mereka harus menyusun program CSR untuk PLN Jawa Timur. Pada kurun waktu 24 jam riset, kunjungan dan penyusunan program, mereka bertiga berhasil membuat ide yang meraih atensi dewan juri.

Tim ini meraih juara pertama melalui ide CSR pengembangan sekolah informal berbasis eco lifestyle untuk desa binaan PLN. “Kami ingin concern ke pembinaan anak-anak yang belum dilibatkan pada pemberdayaan selama ini.” ungkap Hary. Sebagai juara 1, mereka berhak atas hadiah uang tunai, piagam dan juga kesempatan untuk merealisasikan program CSR mereka bekerja sama dengan PLN Jatim. Kesempatan merealisasikan ide ini cukup mengejutkan bagi mereka, namun mereka mereka tertantang sekaligus senang karena program yang direncanakan ternyata bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Bagi mereka bertiga kompetisi-kompetisi seperti ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa maupun universitas. “Melalui lomba kita bisa menambah link, memperluas jaringan. Kita juga bisa belajar dari mahasiswa kampus lain dan bertemu praktisi yang tidak kita sangka sebelumnya”, kata Putri ketika ditanya pendapatnya mengenai lomba. Hary menambahkan bahwa melalui lomba mahasiswa dapat melatih analisis dan cara berfikir agar lebih kritis dan kreatif. Mengaku ketagihan mengikuti lomba, mereka mengajak mahasiswa lain untuk ikut aktif mencoba berbagai kompetisi. Pengalaman ikut lomba menurut mereka akan membuat mahasiswa semakin siap menghadapi dunia kerja. “Asah terus kemampuan diri dan kelompok, dengan ikut lomba kemampuan kita pasti akan lebih baik.” Tambah Hary. Putri, mengakhiri dengan satu pesan penting sebagai refleksi mahasiswa, “Jangan merasa bangga dalam nama besar UGM, di luar sana kompetisi sangatlah ketat. Kita harus lebih semangat mengharumkan nama universitas”.

Selamat untuk Putri, Esty dan Hary. Semoga selalu menginspirasi dan sukses dalam lomba-lomba berikutnya!

Kuliah Praktisi bersama Catchlight Production

Berita Sabtu, 25 Maret 2017

 

Dikom kedatangan dua praktisi  iklan dari Catchlight Production pada Kamis, 24 Maret 2017. Kelas praktisi yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Produksi Iklan tersebut dilaksanakan di ruang BG 204 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan pembicara Iqbal Hamdan dan Luhki Herwanayogi. Kelas praktisi ini dirancang secara khusus dengan tujuan agar para mahasiswa mampu menangkap kebutuhan pasar khususnya pada bidang periklanan.

Pada kesempatan tersebut, Luhki Herwanayogi menyampaikan bahwa dunia periklanan saat ini membutuhkan banyak ide gila namun secara budget mampu ditekan. Oleh sebab itu, kita yang sudah terjun didunia periklanan atau pun individu yang akan terjun di dunia periklanan harus mampu mencari jalan tengah mengatasi dilema ini. Salah satu caranya, seperti jangan pernah terpaku pada satu ide. Industri periklanan merupakan industri kreatif, buatlah ide sebanyak-banyaknya dan timbanglah untung ruginya.

Di lain pihak, Iqbal Hamdan yang juga merupakan alumni Departemen Ilmu Komunikasi UGM menyarankan mahasiswa ilmu komunikasi untuk terbiasa membuat perencanaan yang matang. Menurutnya, perencanaan yang tidak matang dalam dunia periklanan akan merugikan agensi periklanan. Biasanya, budget akan membengkak jika perencanaan mengenai talent, artistik, lokasi, alat, dan pengambilan gambar tidak baik.

Wejangan Iqbal menjadi penting bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ingin terjun dalam dunia periklanan agar terbiasa untuk memproduksi berbagai ide iklan yang gila. Selain itu, mahasiswa komunikasi harus terbiasa berfikir kritis untuk menimbang setiap ide yang akan dieksekusi. “Rencanakan ide yang akan dieksekusi sebaik mungkin dan pertimbangkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi sehingga secara tidak langsung akan menghasilkan rencana cadangan,” tutur Iqbal.

Kuliah Praktisi bersama J. Walter Thompson, Jakarta

Berita Sabtu, 25 Maret 2017

 

DIKOM mengadakan kuliah praktisi yang diisi oleh J.Walter Thompson, Jakarta, pada 6 April 2017. Pada kesempatan tersebut, agensi J. Walter Thompson Jakarta memberikan gambaran mengenai dunia kerja periklanan. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa mengenai iklim dunia kerja pada agensi periklanan.

Acara dibuka oleh Dr. Novi Kurnia selaku dosen Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Dalam sambutannya, ia berpesan supaya mahasiswa dapat mengambil pembelajaran mengenai iklim kerja pada agensi periklanan. Hal ini dikarenakan dunia periklanan merupakan dunia yang menarik untuk dipelajari dan ditekuni sebagai profesi.

Pada kesempatan tersebut, materi disampaikan oleh beberapa perwakilan berbagai divisi mulai dari account manager, creative, dan strategic planner. Setiap divisi menjelaskan bagaimana dinamika dan pekerjaan yang mereka lakukan. Divisi creative yang diwakili oleh Pinkan misalnya, menyampaikan bahwa bekerja di dunia periklanan itu tidak boleh baper, apalagi kerja di divisi creative. Hal ini lantaran kerja di divisi creative itu selalu ada revisi dan revisi. Ia juga menambahkan bahwa kerja di dunia periklanan itu harus tahan banting dan harus selalu mau belajar dari kesalahan.

Di samping itu, divisi strategic planner yang diwakili oleh Maria menambahkan, “Dalam agensi iklan terdapat kebiasaan yang berbeda dibandingkan pekerjaan lainnya. Agensi periklanan merupakan perusahaan yang menjual ide. Oleh karena itu, setiap individu di dalamnya harus selalu dijaga supaya menghasilkan ide-ide yang menarik dan unik. Tidak heran jika diagensi periklanan umumnya tempat kerja bernuansa layaknya rumah atau tempat bermain.”

Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati DIKOM Periode Februari 2017

Berita Minggu, 19 Februari 2017

 

Departemen Ilmu Komunikasi meluluskan 20 sarjana dalam wisuda program sarjana Universitas Gadjah Mada periode pertama tahun 2017, pada 16 Februari 2017 lalu. Tujuh diantara lulusan tersebut berhasil meraih predikat cum laude. IPK tertinggi wisuda periode kali ini diraih Venty Andistya Melawati dari angkatan 2012 dengan IPK 3.71. Sementara itu, Meliana Mutiara dari angkatan 2013 menjadi lulusan dengan masa studi paling singkat yaitu 3 tahun 3 bulan.

Para wisudawan dan wisudawati mengaku bangga akhirnya dapat menyelesaikan masa studi S1 mereka. Meskipun demikian, mereka mengaku cukup sedih ketika harus berpisah dengan kehidupan masa kuliah yang menyenangkan. Meliana Mutiara, atau yang akrab disapa Monda, menceritakan kesan yang ia rasakan selama berkuliah, “Awalnya (kuliah di sini) serem karena nama besar UGM, tapi karena sesuai passion jadi nyaman dan asyik. Walaupun banyak tugas dan pekerjaan tapi rasanya bukan beban karena di komunikasi suasana belajar sangat fun dan enak. Dosennya pun tidak seperti dosen pada umumnya, mereka lebih santai dan seru.”

Sedangkan Ardha Bryan, wisudawan angkatan 2012, membagikan pembelajaran yang ia dapat selama berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi selama ini. Menurutnya, kehidupan perkuliahan di Departemen Ilmu Komunikasi menyadarkannya untuk tidak pernah berhenti belajar dan berkembang, “Belajar di Ilmu Komunikasi membuat saya tidak mudah mempercayai realitas sosial, peduli dengan kata-kata dan haram jika punya karya yang mung ngono tok (karya yang biasa saja).“

Selamat atas wisuda para sarjana baru DIKOM, semoga kesuksesan selalu bersama kalian!

Diskusi Peran Media dalam Pilkada Serentak 2017

Berita Selasa, 14 Februari 2017

 

Korps Mahasiswa Komunikasi (KOMAKO) UGM menyelenggarakan diskusi bulanan bertajuk “Media dan Politik serta Perannya pada Pilkada Serentak 2017” pada Senin, 13 Februari 2017 di Ruang Sidang 1 DIKOM UGM. Diskusi secara khusus menghadirkan pembicara Kuskridho Ambardi MA, Ph.D selaku Dosen DIKOM sekaligus Direktur LSI (Lembaga Survei Indonesia). Tema dalam diskusi ini merupakan bentuk reaksi akademisi komunikasi terhadap media kontemporer dengan beranggapan bahwa media mempunyai peran relatif besar dalam dinamika politik pada Pilkada 2017.

 

Dalam diskusi tersebut, Kuskridho Ambardi atau yang biasa disapa Dodi,  beranggapan bahwa media berperan berbeda-beda pada 101 wilayah Pilkada 2017. Hal ini dikarenakan, setiap wilayah memiliki tingkat pendidikan yang berbeda, konsumsi media yang berbeda, dan modal dari pasangan calon yang berbeda-beda. Secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi peran media di berbagai daerah. Singkatnya, masyarakat tidak bisa menyamaratakan peran media di 101 wilayah yang mengadakan pilkada serentak.

 

Acara diskusi yang dihadiri secara antusias oleh mahasiswa DIKOM dari berbagai angkatan ini merupakan bagian dari diskusi bulanan KOMAKO UGM. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari KOMAKO UGM dengan Departemen Ilmu Komunikasi UGM yang bertujuan agar mahasiswa terdorong untuk mencermati dan memahami fenomena-fenomena komunikasi kontemporer. Umumnya, tema yang diambil merupakan tema-tema yang berkaitan dengan peminatan studi di DIKOM.

 

Beberapa peserta dalam diskusi kali ini merasa puas bisa bertukar pikiran dan berharap kegiatan ini mampu menjadi wadah mahasiswa untuk terus berkembang. Dikarenakan fenomena-fenomena komunikasi terus mengalami perkembangan di era teknologi saat ini, diperlukan kepekaan dan sebuah wadah untuk terus mengikuti perkembangannya. Dengan kata lain, diskusi ini merupakan sebuah medium baru bagi mahasiswa untuk belajar mengenai fenomena komunikasi kontemporer.

1…252627

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

Mei 2025
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
« Apr    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY