Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi sebagai salah satu program studi di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 2005. Program ini bertujuan untuk merespon perkembangan ilmu komunikasi, perkembangan keilmuan akibat penetrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta dinamika sosial politik di Indonesia paska reformasi yang melahirkan sejumlah tantangan dalam dunia pendidikan.
Untuk membekali mahasiswa agar mampu menghadapi dan beradaptasi dengan dinamika perubahan yang terjadi saat ini, Prodi S2 Ilmu Komunikasi menyusun Kurikulum 2024. Kurikulum ini merupakan perubahan dari Kurikulum 2022. Kurikulum baru ini sekaligus sebagai bentuk respon Prodi pada perubahan lingkungan dan perkembangan ilmu komunikasi. Perubahan ini dimaksudkan agar kurikulum baru ini dapat mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum baru ini mulai diberlakukan pada Semester Gasal 2024/2025. Penyusunan Kurikulum 2024 Prodi Magister Ilmu Komunikasi dimaksudkan untuk memberikan landasan hukum, filosofis, sosiologis, psikologis, dan historis dalam proses pembelajaran. Landasan hukum berkaitan dengan landasan legal formal terhadap pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Landasan filosofis tentang bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat. Landasan sosiologis memberikan landasan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar, dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajaran yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar. Landasan psikologis memberikan landasan agar kurikulum mampu mendorong secara terus menerus keingintahuan mahasiswa dan dapat memotivasi belajar sepanjang hayat. Landasan historis memberikan landasan kurikulum yang mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya dan mampu mewariskan nilai budaya dan sejarah keemasan masa lalu dan mampu mempersiapkan mahasiswa agar mampu hidup dan berperan dalam lingkungan yang berubah. Proses penyusunan kurikulum dimulai dari evaluasi kurikulum sebelumnya.
Evaluasi dilakukan oleh Tim kurikulum untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, dan relevansi dengan perkembangan lingkungan pendidikan dan industri di bidang Komunikasi. Evaluasi kurikulum ini dilakukan melalui desk study terhadap dokumen-dokumen terkait dan focus group discussion yang melibatkan berbagai stakeholder, baik internal maupun eksternal. Dalam evaluasi ini, alumni dan user dilibatkan untuk memberikan masukan kebutuhan pendidikan. Di samping itu, tim juga melakukan kajian terhadap perkembangan pendidikan dan visi keilmuan Komunikasi melalui benchmarking, dengan mempelajari kurikulum di berbagai universitas dan program studi lain, baik di dalam maupun luar negeri.
Buku Kurikulum Magister Ilmu Komunikasi 2024 dapat diakses melalui tautan berikut: http://ugm.id/KurikulumS2Ilkom
JALUR PEMBELAJARAN
Magister berbasis kuliah (by coursework)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada jalur praktis. Jalur magister berbasis kuliah (by coursework) mensyaratkan mahasiswa untuk mengikuti semua mata kuliah wajib maupun pilihan yang telah ditentukan Program Studi dalam kurikulum, dengan proporsi jumlah teori yang lebih besar, sebelum menulis tugas akhir berupa mini tesis (jumlah kata 10.000 s.d. 15.000).
Magister berbasis penelitian (by research)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada aktivitas riset dan publikasi ilmiah. Jalur magister berbasis penelitian (by research) memiliki porsi jumlah perkuliahan yang lebih kecil dibandingkan magister berbasis kuliah (by coursework). Porsi belajar lebih banyak terletak pada penelitian, seminar, publikasi dan tesis (jumlah kata 15.000 s.d. 30.000).
PEMINATAN
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi mengembangkan tiga peminatan: Manajemen Komunikasi, Kajian Media dan Budaya, Media dan Komunikasi Digital. Ketiga peminatan ini berlaku untuk semua jalur pembelajaran, baik magister berbasis kuliah (by coursework) maupun magister berbasis penelitian (by research).
Peminatan Manajemen Komunikasi
Peminatan Manajemen Komunikasi mempelajari pengelolaan kegiatan komunikasi yang berfokus pada berbagai jenis organisasi: organisasi profit, non-profit, dan sektor publik. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan manajerial di bidang strategi komunikasi, komunikasi organisasi, kehumasan, dan komunikasi krisis, dan bencana.
Peminatan Kajian Media dan Budaya
Peminatan Kajian Media dan Budaya mempelajari perkembangan media dan budaya yang saat ini menjadi titik sentral pergulatan sosial yang menyentuh kehidupan keseharian masyarakat. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan mengembangkan konten dengan perspektif kritis untuk mendorong perubahan sosial.
Peminatan Media & Komunikasi Digital
Peminatan ini mempelajari berbagai aspek komunikasi digital, masyarakat, dan kebijakan. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan inovasi dalam merancang, mengembangkan, dan memberikan alternatif solusi pada kebijakan komunikasi, interaksi antara teknologi, media, dengan manusia, dan persoalan kontemporer media dan teknologi lainnya.
Magister berbasis kuliah (by coursework)
Total SKS = 57 SKS
Semester 1 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
Wajib Prodi | 4 | 13 |
Pilihan | 2 | 6 |
Matrikulasi | 1 | 1 |
Penulisan Jurnal | 1 | 1 |
Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa | 1 | 3 |
Total SKS Semester 1 | 24 | |
Semester 2 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
Wajib Peminatan | 4 | 12 |
Pilihan | 1 | 3 |
Penulisan dan Seminar Proposal | 1 | 3 |
Ujian Proposal | 1 | 3 |
(Penulisan Jurnal) | (1) | (1) |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | (1) | (3) |
Total SKS Semester 2 | 21 (maksimal 25) | |
Semester 3 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | (1) | (3) |
(Ujian Proposal) | (1) | (3) |
Seminar Hasil 1 | 1 | 3 |
Seminar Hasil 2 | 1 | 3 |
Ujian Tesis | 1 | 6 |
Total SKS Semester 3 | 12 (maksimal 18) | |
Semester 4 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
(Seminar Hasil 1) | (1) | (3) |
(Seminar Hasil 2) | (1) | (3) |
(Ujian Tesis) | (1) | (6) |
Total SKS Semester 4 | (Maksimal 12) | |
Total SKS | 57 |
Magister berbasis penelitian (by research)
Total SKS = 57 SKS
Semester 1 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
Wajib Prodi | 2 | 6 |
Independent Study 1 | 1 | 6 |
Independent Study 2 | 1 | 6 |
Penulisan dan Seminar Proposal | 1 | 3 |
Ujian Proposal | 1 | 3 |
Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa | 1 | 3 |
Total SKS Semester 1 | 27 | |
Semester 2 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
(Penulisan dan Seminar Proposal) | (1) | (3) |
(Ujian Proposal) | (1) | (3) |
Seminar Hasil 1 | 1 | 3 |
Publikasi | 1 | 12 |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | (1) | (3) |
Total SKS Semester 2 | 15 (maksimal 24) | |
Semester 3 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
Seminar Hasil 2 | 1 | 3 |
(Publikasi) | (1) | (12) |
Ujian Tesis | 1 | 12 |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | (1) | (3) |
Total SKS Semester 3 | 15 (maksimal 30) | |
Semester 4 | ||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah Mata Kuliah | Total SKS Mata Kuliah |
(Publikasi) | (1) | (12) |
(Ujian Tesis) | (1) | (12) |
Total SKS Semester 4 | (Maksimal 24) | |
Total SKS | 57 |
PEMINATAN
Peminatan Manajemen Komunikasi
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 4 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Penulisan Jurnal | 1 SKS | ||
Matrikulasi | 1 SKS | ||
Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa | 3 SKS | ||
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Total SKS Semester 1 | 24 SKS | ||
Semester 2 | Teori Komunikasi Organisasi | WP | 3 SKS |
Teori Komunikasi Strategis | WP | 3 SKS | |
Manajemen Komunikasi Korporasi dan Kehumasan | WP | 3 SKS | |
Komunikasi Krisis dan Bencana | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan Seminar Proposal | WPS | 3 SKS | |
Ujian Proposal | WPS | 3 SKS | |
(Penulisan Jurnal) | WPS | (1) SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 2 | 21 (maksimal 25) SKS | ||
Semester 3 | Seminar Hasil 1 | WPS | 3 SKS |
Seminar Hasil 2 | WPS | 3 SKS | |
Ujian Tesis | WPS | 6 SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Proposal) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 3 | 12 (maksimal 18) SKS | ||
Semester 4 | (Seminar Hasil 1) | WPS | (3) SKS |
(Seminar Hasil 2) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Tesis) | WPS | (6) SKS | |
Total SKS Semester 4 | (Maksimal 12) SKS | ||
Total SKS | 57 SKS |
Peminatan Kajian Media dan Budaya
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 4 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Penulisan Jurnal | WPS | 1 SKS | |
Matrikulasi | WPS | 1 SKS | |
Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa | WPS | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Total SKS Semester 1 | 24 SKS | ||
Semester 2 | Teori Media dan Budaya | WP | 3 SKS |
Kajian Media Global | WP | 3 SKS | |
Jurnalisme Kontemporer | WP | 3 SKS | |
Budaya Siber (Cyberculture) | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan Seminar Proposal | WPS | 3 SKS | |
Ujian Proposal | WPS | 3 SKS | |
(Penulisan Jurnal) | WPS | (1) SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 2 | 21 (maksimal 25) SKS | ||
Semester 3 | Seminar Hasil 1 | WPS | 3 SKS |
Seminar Hasil 2 | WPS | 3 SKS | |
Ujian Tesis | WPS | 6 SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Proposal) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 3 | 12 (maksimal 18) SKS | ||
Semester 4 | (Seminar Hasil 1) | WPS | (3) SKS |
(Seminar Hasil 2) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Tesis) | WPS | (6) SKS | |
Total SKS Semester 4 | (Maksimal 12) SKS | ||
Total SKS | 57 SKS |
Peminatan Media & Komunikasi Digital
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 4 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Penulisan Jurnal | WPS | 1 SKS | |
Matrikulasi | WPS | 1 SKS | |
Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa | WPS | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Total SKS Semester 1 | 24 SKS | ||
Semester 2 | Teori Media, Teknologi, dan Masyarakat | WP | 3 SKS |
Kebijakan dan Inovasi Digital | WP | 3 SKS | |
Ekonomi Politik Media Digital | WP | 3 SKS | |
Masyarakat Digital | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan Seminar Proposal | WPS | 3 SKS | |
Ujian Proposal | WPS | 3 SKS | |
(Penulisan Jurnal) | WPS | (1) SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 2 | 21 (maksimal 25) SKS | ||
Semester 3 | Seminar Hasil 1 | WPS | 3 SKS |
Seminar Hasil 2 | WPS | 3 SKS | |
Ujian Tesis | WPS | 6 SKS | |
(Rekognisi Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Proposal) | WPS | (3) SKS | |
Total SKS Semester 3 | 12 (maksimal 18) SKS | ||
Semester 4 | (Seminar Hasil 1) | WPS | (3) SKS |
(Seminar Hasil 2) | WPS | (3) SKS | |
(Ujian Tesis) | WPS | (6) SKS | |
Total SKS Semester 4 | (Maksimal 12) SKS | ||
Total SKS | 57 SKS |
Mata kuliah pilihan terdiri dari:
- Audiens dan Budaya Populer
- Media Digital dan Aktivisme
- Media dan Perspektif Sosial
- Literasi Digital
- Riset Komunikasi dan Big Data
- Manajemen Komunikasi Pemerintahan
- Media, Identitas, dan Gender
- Budaya Visual
- Manajemen Komunikasi Pemasaran