Kurikulum 2016 program studi S1 merupakan pemutakhiran dari kurikulum 2011-2015. Pada saat kurikulum 2011 Departemen Ilmu Komunikasi UGM menetapkan “Crafting well informed Society” sebagai tagline sekaligus positioning institusi. Dengan tagline itu diharapkan seluruh orientasi kerja kurikulum S1 departemen Komunikasi UGM mengarah pada dinamika dan implikasi teknologi komunikasi dan informasi sebagai determinan. Kurikulum 2016 tetap mendasarkan diri dengan visi “masyarakat informasi” dengan lebih menekankan pada pengayaan pemahaman atas komunikasi berbasis dunia digital. Visi ini ditunjang dengan orientasi kurikulum yang mengalami perubahan sistematis. Sebagai pengantar pengenalan dinamika kurikulum S1 berikut beberapa informasi penting terkait basis susunan kurikulum, susunan mata kuliah, dan kaitan kurikulum dengan tugas akhir mahasiswa (skripsi konvensional & skripsi karya).

Kurikulum 2016 disusun berdasarkan kebutuhan atas nilai kompetensi lulusan berbasis pada keyakinan kemampuan setiap sosok mahasiswa sepanjang mereka belajar di prodi S1 Komunikasi UGM. Beberapa isu mendasar terkait dengan susunan kurikulum ini adalah:
1. Disesuaikannya penamaan susunan kurikulum dengan prinsip peminatan yang lebih bernuansa substantif keahlian dan tidak lagi berdasarkan pada prinsip konsentrasi yang sarat dengan ketentuan administratif.
2. Munculnya peluang bagi mahasiswa (mulai angkatan 2014) untuk membuat tugas akhir dalam bentuk skripsi karya yang diorientasikan pada produk hasil tertentu. Ini membutuhkan support system mata kuliah yang lebih bersifat teknis aplikatif (praktek).
3. Memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah tertentu berdasarkan kebutuhan masing-masing. Kebijakan ini muncul dari keyakinan dan harapan prodi S1 bahwa mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi UGM sudah memiliki pemahaman dan kesadaran terkait orientasi karya akhir berikut kompetensi yang ingin dia miliki untuk mendukung kehidupannya di masa depan.
[su_divider text=”kembali ke atas” divider_color=”#FFC100″ link_color=”#073C64″]
Peminatan
Kurikulum yang diajarkan untuk jenjang S1 dibagi menjadi empat peminatan, yaitu: Jurnalisme, Media Hiburan, Humas, dan Periklanan. Mahasiswa dapat memilih peminatan pada semester 3.
Berikut gambaran umum mengenai masing-masing peminatan.
[su_accordion class=”peminatan-s1″]
[su_spoiler title=”Jurnalisme” open=”yes” style=”Fancy” icon=”chevron” anchor=”” class=””]
[restabs alignment=”osc-tabs-left” responsive=”true”]
[restab title=”Deskripsi” active=”active”]
Peminatan Jurnalisme mempelajari konsep dasar dan praktik jurnalisme di berbagai media. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan meliputi: Kajian Jurnalisme, Pers, Dasar-dasar Jurnalisme, Penulisan Berita, Penyuntingan Berita, Jurnalisme Penyiaran, Reportase Investigasi, Jurnalisme Online, Jurnalisme Konvergensi, Jurnalisme Kisah, dan sebagainya. Peminatan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin berkarir sebagai jurnalis atau profesi lain yang berhubungan dengan produksi konten faktual.
[/restab]
[restab title=”Wajib”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC2324 | Pers | 3 | 3 |
SPC2325 | Dasar Jurnalisme | 3 | 3 |
SPC2432 | Reportase Investigasi | 3 | 4 |
SPC2433 | Jurnalisme Konvergensi | 3 | 4 |
SPC2434 | Produksi Berita | 3 | 4 |
[/su_table]
[/restab]
[restab title=”Pilihan”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC3544 | Kajian Jurnalisme | 3 | 5 |
SPC3545 | Jurnalisme Online | 3 | 5 |
SPC3652 | Penyuntingan Berita | 3 | 6 |
SPC3653 | Jurnalisme Kisah | 3 | 6 |
[/su_table]
[/restab][/restabs][/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Media Hiburan” open=”no” style=”default” icon=”chevron” anchor=”” class=””]
[restabs alignment=”osc-tabs-left” responsive=”true”]
[restab title=”Deskripsi” active=”active”]
Peminatan Media Hiburan atau Entertainment Media mempelajari produksi pesan non-berita, antara lain: film, program radio, program televisi, dan sebagainya. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan meliputi: Kajian Entertainment, Penulisan Kreatif, Programming Media Hiburan, Sinematografi, Produksi Media Penyiaran, Produksi Siaran Radio, Produksi Siaran Televisi, dan lain-lain. Peminatan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin berkarir di industri hiburan.
[/restab]
[restab title=”Wajib”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC2326 | Media Hiburan | 3 | 3 |
SPC2327 | Penulisan Kreatif | 3 | 3 |
SPC2435 | Programing Media Hiburan | 3 | 3 |
SPC2436 | Sinematografi | 3 | 4 |
SPC2437 | Produksi Media Hiburan | 3 | 4 |
[/su_table]
[/restab]
[restab title=”Pilihan”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC3546 | Produksi Siaran Radio | 3 | 5 |
SPC3547 | Kajian Entertainment | 3 | 5 |
SPC3654 | Produksi Siaran Televisi | 3 | 6 |
SPC3655 | Selebriti | 3 | 6 |
[/su_table]
[/restab][/restabs][/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Hubungan Masyarakat” open=”no” style=”default” icon=”chevron” anchor=”” class=””]
[restabs alignment=”osc-tabs-left” responsive=”true”]
[restab title=”Deskripsi” active=”active”]
Peminatan Humas atau Public Relations mempelajari dan meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa dalam melihat persoalan hubungan antarmanusia dalam konteks berbagai organisasi serta memberikan solusi terhadapnya. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan meliputi: Pengantar Kehumasan, Manajemen Kehumasan, Marketing PR, Teknik Kehumasan, Hubungan Media, Produksi Media Kehumasan, Kampanye kehumasan, Hubungan Pemerintah, Hubungan dan Komunikasi Konsumen, Hubungan Komunitas, dan sebagainya. Peminatan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang public relations, corporate secretary, community relations and development, dan sebagainya.
[/restab]
[restab title=”Wajib”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC2328 | Pengantar Kehumasan | 3 | 3 |
SPC2329 | Teknik Kehumasan | 3 | 3 |
SPC2440 | Hubungan Media | 3 | 4 |
SPC2438 | Manajemen Kehumasan | 3 | 4 |
SPC2439 | Marketing PR | 3 | 4 |
[/su_table]
[/restab]
[restab title=”Pilihan”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC3548 | Produksi Media Kehumasan | 3 | 5 |
SPC3549 | Kampanye PR (Kehumasan) | 3 | 5 |
SPC3656 | Hubungan Pemerintah | 3 | 6 |
SPC3657 | Lobi & Negosiasi (Hubungan & Komunikasi Konsumen) | 3 | 6 |
[/su_table]
[/restab][/restabs]
[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Periklanan” open=”no” style=”default” icon=”chevron” anchor=”” class=””]
[restabs alignment=”osc-tabs-left” responsive=”true”]
[restab title=”Deskripsi” active=”active”]
Peminatan Periklanan mempelajari tentang manajemen periklanan, pembuatan iklan, strategi periklanan, dan arti penting iklan dalam pemasaran produk atau jasa baik untuk tujuan komersial maupun sosial. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan meliputi: Pengantar Periklanan, Manajemen Periklanan, Desain Komunikasi Visual, Perencanaan Strategis, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Perencanaan Media Iklan, Penulisan Naskah Iklan, Produksi Iklan, dan sebagainya. Peminatan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang periklanan dan pemasaran.
[/restab]
[restab title=”Wajib”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC2330 | Pengantar Periklanan | 3 | 3 |
SPC2331 | Desain Komunikasi Visual | 3 | 3 |
SPC2443 | Komunikasi Pemasaran Terpadu | 3 | 4 |
SPC2441 | Manajemen Periklanan | 3 | 4 |
SPC2442 | Perencanaan Strategis | 3 | 4 |
[/su_table]
[/restab]
[restab title=”Pilihan”]
[su_table responsive=”yes”]
Kode | Nama | SKS | Semester |
---|---|---|---|
SPC3550 | Penanganan Klien | 3 | 5 |
SPC3551 | Perencanaan Media Iklan | 3 | 5 |
SPC3658 | Penulisan Naskah Iklan | 3 | 6 |
SPC3659 | Produksi Iklan | 3 | 6 |
[/su_table]
[/restab][/restabs]
[/su_spoiler] [/su_accordion]
[su_divider text=”kembali ke atas” divider_color=”#FFC100″ link_color=”#073C64″]