Program Studi
Reguler
Kurikulum
Kurikulum merupakan inti dari sebuah program studi. Buku ini memaparkan Kurikulum 2021 Program Studi S1 Departemen Ilmu Komunikasi (DIKOM) UGM, khususnya Program Studi S1 Reguler. Kurikulum 2021 merupakan pemutakhiran dari kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum 2016. Kurikulum ini dirancang untuk mulai berlaku pada perkuliahan tahun ajaran 2021/2022 hingga tahun ajaran 2025/2026.
Dasar penyusunan rancangan kurikulum ini berbasis pada Rencana Strategis (Renstra) DIKOM. Dalam Renstra tersebut dipaparkan visi DIKOM, yakni menjadi institusi pendidikan komunikasi terkemuka yang kritis, kreatif, etis, bereputasi internasional dan berperan serta mewujudkan masyarakat informasi pada tahun 2025. Dalam Renstra DIKOM dijelaskan lebih lanjut bahwa Program Studi S1 diarahkan untuk menjadi program studi sarjana ilmu komunikasi bereputasi internasional yang berkontribusi dalam aspek akademis dan praktis. Secara umum, lulusan dari Prodi S1 diarahkan untuk menjadi: (1) Peneliti muda komunikasi; dan (2) Sarjana terampil yang sesuai dengan kebutuhan jasa profesional komunikasi.
Berdasarkan visi di atas, kurikulum ini disusun berdasar kajian-kajian di beberapa aspek terkait. Kajian ini meliputi: Arah pengembangan kurikulum komunikasi di Indonesia (1), kurikulum prodi komunikasi lain di Indonesia dan luar negeri (2), kebutuhan industri komunikasi (3), lulusan yang diharapkan (Tracer Study) oleh pengguna (User Study) (4) dan pengalaman belajar mahasiswa (5), serta arah pengembangan kurikulum DIKOM UGM (6).
Berdasar kajian-kajian tersebut, buku kurikulum ini disusun dengan terdiri dari: Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan, Peta Kurikulum, Struktur Kurikulum, Daftar Mata Kuliah, Rencana Studi, Deskripsi Mata Kuliah, penjelasan terkait Program MBKM serta proses Jaminan Mutu.
Tahun I : Pondasi Ilmu Komunikasi |
|
Semester I | Semester II |
Tahun II: Ragam Arena dan Spesialisasi Bidang Komunikasi |
|
Semester III | Semester IV |
Tahun III: Komunikasi di Tengah Masyarakat |
|
Tahun IV: Tugas Akhir |
Secara umum, struktur kurikulum 2021 DIKOM UGM berlangsung selama 8 semester dengan target SKS sebanyak 144 SKS. Struktur ini terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan. Pada semester I hingga semester III, mahasiswa mengambil paket mata kuliah wajib. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib di level universitas, fakultas, maupun departemen.
Kurikulum 2021 mengamandemen struktur kurikulum sebelumnya yang membagi peminatan mahasiswa menjadi empat peminatan: jurnalisme, media entertainment, periklanan, dan humas. Berdasar kajian yang dilakukan, empat peminatan ini tidak lagi relevan berdiri secara terpisah. Oleh karenanya, pada kurikulum 2021 diberlakukan dua peminatan, yakni: Creative Media & Journalism; serta Strategic Communication. Pada semester IV, mahasiswa akan diberikan kesempatan memilih 1 dari 2 peminatan dengan mengambil mata kuliah wajib peminatan. Sebagai contoh, mahasiswa yang memilih peminatan Strategic Communication akan mempelajari mata kuliah di bidang periklanan dan kehumasan.
Pada tahun ketiga, selain dapat mengambil mata kuliah pilihan, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Pada semester 6, mahasiswa diarahkan untuk memulai merancang tugas akhir dengan mengikuti seminar proposal. Hal ini untuk lebih mengontrol mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya secara tepat waktu. Selanjutnya, mahasiswa diharapkan menyelesaikan skripsi pada semester VII atau semester VIII dengan maksimal masa studi hingga semester X.
Semester 1 | Semester 2 | ||||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS | Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS |
Wajib Universitas | 4 | 7 | Wajib Universitas | 1 | 2 |
Wajib Fakultas | 3 | 9 | Wajib Fakultas | 2 | 6 |
Wajib Departemen | 3 | 9 | Wajib Departemen | 5 | 15 |
TOTAL | 25 | TOTAL | 23 | ||
Semester 3 | Semester 4 | ||||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS | Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS |
Wajib Departemen | 8 | 24 | Wajib Departemen | 2 | 9 |
Wajib Peminatan | 6 | 15 | |||
TOTAL | 24 | TOTAL | 24 | ||
Semester 5 | Semester 6 | ||||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS | Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS |
Pilihan | 6 | 18 | Pilihan | 6 | 18 |
Seminar Proposal | 1 | 3 | |||
TOTAL | 18 | TOTAL | 21 | ||
Semester 7 | Semester 8 | ||||
Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS | Jenis Mata Kuliah | Jumlah | SKS |
KKN | 1 | 3 | Skripsi | 1 | 6 |
Skripsi | 1 | 6 | |||
TOTAL | 2 | 9 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pendidikan Agama | 2 |
2 | Pancasila | 2 |
3 | Kewarganegaraan | 2 |
4 | PPSMB | 1 |
5 | Penulisan Akademis | 2 |
6 | KKN | 3 |
7 | Skripsi | 6 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Ilmu Sosial Dasar | 3 |
2 | Pengantar Ilmu Politik | |
3 | Sejarah Sosial Politik Indonesia | 3 |
4 | Sistem Sosial Politik Indonesia | 3 |
5 | Metode Penelitian Sosial | 3 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 3 |
2 | Komunikasi Publik | 3 |
3 | Dasar-dasar Penulisan | 3 |
4 | Teori Komunikasi | 3 |
5 | Psikologi Komunikasi | 3 |
6 | Industri Komunikasi | 3 |
7 | Penulisan Kreatif | 3 |
8 | Praktikum Komunikasi | 3 |
9 | MPK Kuantitatif | 3 |
10 | Sosiologi Komunikasi | 3 |
11 | Komunikasi Digital dan Media Baru | 3 |
12 | Etika & Kebijakan Komunikasi | 3 |
13 | Kewirausahaan Komunikasi | 3 |
14 | Ragam Arena Komunikasi | 3 |
15 | Pengantar Media Kreatif & Jurnalisme | 3 |
16 | Pengantar Komunikasi Strategis | 3 |
17 | MPK Kualitatif | 3 |
18 | Filsafat Ilmu Komunikasi | 3 |
19 | Seminar Proposal | 3 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Ekosistem Multimedia | 3 |
2 | Reportase | 3 |
3 | Produksi Konten | 3 |
4 | Media Multiplatform | 3 |
5 | Pemrogaman Media Kreatif | 3 |
6 | Manajemen Media | 3 |
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Komunikasi Strategis dan Keberlanjutan Organisasi | 3 |
2 | Perencanaan Strategis | 3 |
3 | Strategi Produksi Konten | 3 |
4 | Media untuk Komunikasi Strategis | 3 |
5 | Perilaku Publik dan Pasar | 3 |
6 | Manajemen Komunikasi Strategis | 3 |
SEMESTER GANJIL | ||
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Literasi Media | 3 |
2 | Komunikasi & Gender | 3 |
3 | Kajian Film | 3 |
4 | Komunikasi Bencana | 3 |
5 | Penanganan Klien | 3 |
6 | Periklanan Sosial | 3 |
7 | Fotografi Jurnalistik & Kreatif | 3 |
8 | Hubungan Pemerintah | 3 |
9 | Komunikasi Krisis | 3 |
10 | Komunikasi Politik | 3 |
11 | Manajemen Brand | 3 |
12 | Marketing PR | 3 |
13 | Kajian Selebritas | 3 |
14 | Kajian Audiens, Fans & Fandom | 3 |
15 | Hubungan Komunitas & CSR | 3 |
16 | Komunikasi, Seni, dan Tradisi | 3 |
17 | Komunikasi & Resolusi Konflik | 3 |
18 | Komunikasi & Perubahan Sosial | 3 |
SEMESTER GENAP | ||
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Media & Budaya Kaum Muda | 3 |
2 | Kajian Digital Video Games | 3 |
3 | Media & Pertunjukan | 3 |
4 | Sinema Asia Tenggara | 3 |
5 | Kajian Jurnalisme | 3 |
6 | Kajian Entertainment | 3 |
7 | Ragam Riset Komunikasi | 3 |
8 | Kajian Periklanan | 3 |
9 | Kajian Humas | 3 |
10 | Kajian Komik & Animasi | 3 |
11 | Analisis Big Data | 3 |
12 | Analisis Media Sosial | 3 |
13 | Jurnalisme Data | 3 |
14 | Kajian Media Layanan Publik | 3 |
15 | Kapita Selekta Ilmu Komunikasi | 3 |
16 | Kasus Komunikasi Kontemporer | 3 |
17 | Media & Seni Kontemporer | 3 |
18 | Kajian Musik Populer | 3 |