Program Studi


Reguler



Kurikulum merupakan inti dari sebuah program studi. Buku ini memaparkan Kurikulum 2021 Program Studi S1 Departemen Ilmu Komunikasi (DIKOM) UGM, khususnya Program Studi S1 Reguler. Kurikulum 2021 merupakan pemutakhiran dari kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum 2016. Kurikulum ini dirancang untuk mulai berlaku pada perkuliahan tahun ajaran 2021/2022 hingga tahun ajaran 2025/2026.

Dasar penyusunan rancangan kurikulum ini berbasis pada Rencana Strategis (Renstra) DIKOM. Dalam Renstra tersebut dipaparkan visi DIKOM, yakni menjadi institusi pendidikan komunikasi terkemuka yang kritis, kreatif, etis, bereputasi internasional dan berperan serta mewujudkan masyarakat informasi pada tahun 2025. Dalam Renstra DIKOM dijelaskan lebih lanjut bahwa Program Studi S1 diarahkan untuk menjadi program studi sarjana ilmu komunikasi bereputasi internasional yang berkontribusi dalam aspek akademis dan praktis. Secara umum, lulusan dari Prodi S1 diarahkan untuk menjadi: (1) Peneliti muda komunikasi; dan (2) Sarjana terampil yang sesuai dengan kebutuhan jasa profesional komunikasi.

Berdasarkan visi di atas, kurikulum ini disusun berdasar kajian-kajian di beberapa aspek terkait. Kajian ini meliputi: Arah pengembangan kurikulum komunikasi di Indonesia (1), kurikulum prodi komunikasi lain di Indonesia dan luar negeri (2), kebutuhan industri komunikasi (3), lulusan yang diharapkan (Tracer Study) oleh pengguna (User Study) (4) dan pengalaman belajar mahasiswa (5), serta arah pengembangan kurikulum DIKOM UGM (6).

Berdasar kajian-kajian tersebut, buku kurikulum ini disusun dengan terdiri dari: Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan, Peta Kurikulum, Struktur Kurikulum, Daftar Mata Kuliah, Rencana Studi, Deskripsi Mata Kuliah, penjelasan terkait Program MBKM serta proses Jaminan Mutu.

Tahun I : Pondasi Ilmu Komunikasi
Pada tahun ini, mahasiswa mulai diperkenalkan dengan berbagai pondasi ilmu komunikasi, baik aspek teoritis maupun praktis.

Semester I
Pada semester pertama, mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa mata kuliah teroritis dan praktis dasar. Mahasiswa diharapkan memahami lanskap ilmu komunikasi serta mampu melakukan praktik dasar seperti menulis dan public speaking dengan baik.

Semester II
Pada semester ini  mahasiswa melanjutkan pemahaman pada pondasi ilmu. Mahasiswa diharapkan paham pada teori komunikasi, peta industri komunikasi, serta memiliki kemampuan komunikasi dasar (menulis, fotografi, videografi, editing) yang cukup.

Tahun II: Ragam Arena dan Spesialisasi Bidang Komunikasi
Pada tahun kedua ini, mahasiswa diperkenalkan pada bagaimana keterkaitan ilmu komunikasi dan bidang-bidang lain di tengah masyarakat. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk memilih satu dari dua peminatan.

Semester III
Pada semester ini, mahasiswa diperkenalkan lebih spesifik pada ragam arena komunikasi, termasuk bidang spesifik komunikasi, yakni media kreatif, jurnalisme, dan komunikasi strategis. Mahasiswa diharapkan mulai memiliki kemampuan riset dan kewirausahaan, serta mengenal potensi dirinya untuk melanjutkan pada salah satu peminatan di semester IV.

Semester IV
Pada semester ini mahasiswa telah memilih satu peminatan dari dua yang ditawarkan, yakni creative media and journalism, serta strategic communication. Mahasiswa diharapkan menguasai bidang yang dipilihnya baik dalam hal teoritis maupun praktis.

Tahun III: Komunikasi di Tengah Masyarakat
Pada tahun ketiga ini, mahasiswa diberikan keleluasaan untuk mengembangkan diri dengan mempelajari ilmu komunikasi yang lebih spesifik sesuai dengan minat individu. Mahasiswa diharapkan memahami dinamika komunikasi di tengah masyarakat dengan mengambil mata kuliah pilihan maupun mengambil program MBKM, seperti magang, riset, kewirausahaan, dan lain-lain. Pada semester VI, mahasiswa diharapkan telah merancang tugas akhirnya serta melaksanakan pengabdian masyarakat dalam program KKN.

Tahun IV: Tugas Akhir
Pada tahun terakhir ini, mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing akan menyelesaikan tugas akhir secara individu sebagai karya pamungkas dalam proses perkuliahannya.

Secara umum, struktur kurikulum 2021 DIKOM UGM berlangsung selama 8 semester dengan target SKS sebanyak 144 SKS. Struktur ini terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan. Pada semester I hingga semester III, mahasiswa mengambil paket mata kuliah wajib. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib di level universitas, fakultas, maupun departemen.

Kurikulum 2021 mengamandemen struktur kurikulum sebelumnya yang membagi peminatan mahasiswa menjadi empat peminatan: jurnalisme, media entertainment, periklanan, dan humas. Berdasar kajian yang dilakukan, empat peminatan ini tidak lagi relevan berdiri secara terpisah. Oleh karenanya, pada kurikulum 2021 diberlakukan dua peminatan, yakni: Creative Media & Journalism; serta Strategic Communication. Pada semester IV, mahasiswa akan diberikan kesempatan memilih 1 dari 2 peminatan dengan mengambil mata kuliah wajib peminatan. Sebagai contoh, mahasiswa yang memilih peminatan Strategic Communication akan mempelajari mata kuliah di bidang periklanan dan kehumasan.

Pada tahun ketiga, selain dapat mengambil mata kuliah pilihan, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Pada semester 6, mahasiswa diarahkan untuk memulai merancang tugas akhir dengan mengikuti seminar proposal. Hal ini untuk lebih mengontrol mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya secara tepat waktu. Selanjutnya, mahasiswa diharapkan menyelesaikan skripsi pada semester VII atau semester VIII dengan maksimal masa studi hingga semester X.

Semester 1Semester 2
Jenis Mata KuliahJumlahSKSJenis Mata KuliahJumlahSKS
Wajib Universitas47Wajib Universitas12
Wajib Fakultas39Wajib Fakultas26
Wajib Departemen39Wajib Departemen515
TOTAL25TOTAL23
Semester 3Semester 4
Jenis Mata KuliahJumlahSKSJenis Mata KuliahJumlahSKS
Wajib Departemen824Wajib Departemen29
Wajib Peminatan615
TOTAL24TOTAL24
Semester 5Semester 6
Jenis Mata KuliahJumlahSKSJenis Mata KuliahJumlahSKS
Pilihan618Pilihan618
Seminar Proposal13
TOTAL18TOTAL21
Semester 7Semester 8
Jenis Mata KuliahJumlahSKSJenis Mata KuliahJumlahSKS
KKN13Skripsi16
Skripsi16
TOTAL29
NoMata KuliahSKS
1Pendidikan Agama2
2Pancasila2
3Kewarganegaraan2
4PPSMB1
5Penulisan Akademis2
6KKN3
7Skripsi6
NoMata KuliahSKS
1Ilmu Sosial Dasar3
2Pengantar Ilmu Politik
3Sejarah Sosial Politik Indonesia3
4Sistem Sosial Politik Indonesia3
5Metode Penelitian Sosial3
NoMata KuliahSKS
1Pengantar Ilmu Komunikasi3
2Komunikasi Publik3
3Dasar-dasar Penulisan3
4Teori Komunikasi 3
5Psikologi Komunikasi3
6Industri Komunikasi3
7Penulisan Kreatif3
8Praktikum Komunikasi3
9MPK Kuantitatif3
10Sosiologi Komunikasi3
11Komunikasi Digital dan Media Baru3
12Etika & Kebijakan Komunikasi 3
13Kewirausahaan Komunikasi3
14Ragam Arena Komunikasi3
15Pengantar Media Kreatif & Jurnalisme3
16Pengantar Komunikasi Strategis3
17MPK Kualitatif3
18Filsafat Ilmu Komunikasi3
19Seminar Proposal3
NoMata KuliahSKS
1Ekosistem Multimedia3
2Reportase3
3Produksi Konten3
4Media Multiplatform3
5Pemrogaman Media Kreatif3
6Manajemen Media3
NoMata KuliahSKS
1Komunikasi Strategis dan Keberlanjutan Organisasi3
2Perencanaan Strategis3
3Strategi Produksi Konten3
4Media untuk Komunikasi Strategis3
5Perilaku Publik dan Pasar3
6Manajemen Komunikasi Strategis3
SEMESTER GANJIL
NoMata KuliahSKS
1Literasi Media3
2Komunikasi & Gender3
3Kajian Film3
4Komunikasi Bencana3
5Penanganan Klien3
6Periklanan Sosial3
7Fotografi Jurnalistik & Kreatif3
8Hubungan Pemerintah3
9Komunikasi Krisis3
10Komunikasi Politik3
11Manajemen Brand3
12Marketing PR3
13Kajian Selebritas3
14Kajian Audiens, Fans & Fandom3
15Hubungan Komunitas & CSR3
16Komunikasi, Seni, dan Tradisi3
17Komunikasi & Resolusi Konflik3
18Komunikasi & Perubahan Sosial3
SEMESTER GENAP
NoMata KuliahSKS
1Media & Budaya Kaum Muda3
2Kajian Digital Video Games3
3Media & Pertunjukan3
4Sinema Asia Tenggara3
5Kajian Jurnalisme3
6Kajian Entertainment3
7Ragam Riset Komunikasi3
8Kajian Periklanan3
9Kajian Humas3
10Kajian Komik & Animasi3
11Analisis Big Data3
12Analisis Media Sosial3
13Jurnalisme Data3
14Kajian Media Layanan Publik3
15Kapita Selekta Ilmu Komunikasi3
16Kasus Komunikasi Kontemporer3
17Media & Seni Kontemporer3
18Kajian Musik Populer3