Informasi Umum

Rekrutmen Terbuka Staf Administrasi Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM

Salam sejahtera untuk kita semua. Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada membuka rekrutmen untuk posisi staf administrasi dengan kontrak minimum selama 1 (satu) tahun. Adapun spesifikasi pekerjaan yang kami buka sebagai berikut: 1. Administrasi Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi Deskripsi pekerjaan: Melayani urusan akademik dan kemahasiswaan program S-3 Mengurus kesekretariatan program S-3 Mengurus data riset dosen 2. Administrasi Pusat Kajian DECODE Deskripsi pekerjaan: Melayani urusan administrasi dan kesekretariatan Pusat Kajian DECODE Mengelola pertemuan dan

Berita

Dua E-Book Literasi Digital Karya Tim Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Resmi Diluncurkan!

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM didukung oleh Japelidi dan SiBerkreasi dengan bahagia meluncurkan dua buku panduan literasi digital bagi Sahabat Perempuan. Keduanya berisikan kiat-kiat praktis bagi Sahabat Perempuan dalam bermedia sosial dan bertransaksi daring secara bijak dan cermat. Yuk, Sahabat Perempuan Bermedia Sosial dengan Bijak http://ugm.id/panduanmedsos Yuk, Sahabat Perempuan Bertransaksi Daring dengan Cermat http://ugm.id/panduantransaksi Yuk, unduh gratis sekarang! Mari bersama menjadi agen literasi digital.

Perspektif

Memilih Menggunakan Out of Home Advertising Ketika Belanja Iklan Digital dan Televisi Naik Tajam Selama Pandemi

Selama Pandemi Covid-19, brand dituntut untuk melakukan perencanaan ulang terhadap alokasi belanja iklan mereka. Hal ini dikarenakan terjadinya banyak perubahan terhadap media-media yang akan digunakan untuk beriklan. Salah satu jawabannya adalah memfokuskan belanja iklan mereka kepada iklan digital. Berdasarkan penelitian Nielsen pada Juli 2020, belanja iklan digital naik sebesar 20% dengan total belanja iklan Rp24,2 triliun dan berada di posisi kedua setelah belanja iklan televisi yang tumbuh sebesar 72% menjadi Rp88 triliun (Siregar, 2020). Meskipun begitu, ada berbagai brand yang

Perspektif

Mengenal Lebih Dekat Corporate Social Responsibility

Bagi yang tertarik dan menekuni dunia public relations, CSR atau Corporate Social Responsibility bukanlah hal yang asing. Biasanya perusahaan melakukan CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka kepada stakeholder. Namun, apakah pembaca sudah mengetahui apa itu CSR? Artikel ini akan mencoba membantu pembaca untuk mengenali CSR.   Pengertian Reinhard (2008) mengadopsi definisi sederhana mengenai CSR yang dicetuskan oleh Elhauge (2005) yaitu “mengorbankan” profit untuk kepentingan sosial dengan dasar sukarela. Khan (2012) mengatakan bahwa CSR mencakup cakupan luas seperti perilaku atau

Perspektif

Public Relations (PR) sebagai Profesi di Indonesia

Banyak orang sulit membedakan profesi PR dengan profesi lainnya, misalnya marketing, atau dengan percabangannya, publisitas. Selain sulit dibedakan, banyak juga yang masih menganggap PR atau humas bukanlah suatu profesi, melainkan pekerjaan, yang artinya personilnya tidak harus memiliki latar belakang akademisi ilmu komunikasi atau akademisi kehumasan. Fenomena jabatan humas yang diisi oleh yang bukan profesional masih banyak terjadi di Indonesia. Tetapi, syarat apa saja, sih, yang membuat suatu pekerjaan menjadi profesi? Artikel ini akan membedah karakteristik pengkategorian tersebut dan bagaimana pengaplikasiannya

Perspektif

Tren Musik Dangdut di Masa Kini: Bertahan Tak Ingin Hilang Tergerus Waktu

Musik merupakan suatu keunikan istimewa yang diciptakan manusia yang mempunyai kapasitas sangat kuat untuk menyampaikan emosi dan mengatur emosi (Johansson, 2006). Menurut data pendengar musik Indonesia di Spotify dari CNN Indonesia, bahwasannya masyarakat Indonesia mendengarkan musik 3 jam dalam sehari. Persaingan sangat ketat dunia permusikan di era digital semakin terlihat, adanya platform yang membuat lahirnya para kreator-kreator muda yang kreatif, seperti Youtube, Instagram, dan TikTok. Mereka yang memiliki bakat di dunia permusikan berlomba-lomba membuat konten musik yang disukai oleh masyarakat

Perspektif

Liga Mahasiswa dan Bukti Fleksibilitas Turnamen Esports di Era Pandemi

Tak terasa, pandemi Covid-19 sudah mendera negeri Indonesia selama setengah tahun lebih. Berbagai sektor industri di negara ini secara silih berganti merasakan naik-turun akibat pandemi yang tak lekas berujung. Semuanya memiliki alasan serupa, yakni ketidakmampuan sektor terkait dalam melakukan adaptasi terhadap kondisi Covid-19 yang serba menuntut jarak. Walau begitu, bukan berarti tak ada sektor industri yang benar-benar absen dari proses adaptasi. Sektor tersebut ialah olahraga elektronik atau esports. Di kala sektor-sektor lain dalam kehidupan modern ini banyak mengalami naik-turun, esports

Perspektif

Mobile Advertising di Indonesia: Efektifkah untuk Menarik Hati Pelanggan?

Perkembangan teknologi komunikasi pada abad 21 memberikan pengaruh yang gigantis terhadap dinamika sistem periklanan. Telepon seluler sebagai salah satu teknologi komunikasi yang terus dikembangkan, berhasil menciptakan batas yang sangat tipis antara dunia nyata dan virtual (Rauschnabel, 2018).  Dari sinilah mobile advertising atau periklanan seluler berangkat dan menjadi era baru dalam konsep komunikasi pemasaran. Kenton (2018) memaknai periklanan seluler sebagai segala bentuk iklan yang muncul di perangkat seluler menggunakan koneksi nirkabel. Iklan berbasis telepon seluler dapat dituangkan dalam beragam bentuk seperti teks,

Perspektif

Endorsement di Kalangan Influencer Media Sosial

Dewasa ini, media sosial merupakan hal yang penting bagi manusia modern. Manusia menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan sesama, berhubungan dengan kerabat yang jauh posisinya, berbagi informasi, berekspresi, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut membuat media sosial tak dapat terlepas dari para penggunanya. Kegunaan lain media sosial adalah sebagai media periklanan. Banyaknya jumlah pengguna media sosial menjadi salah satu faktor pendorong kepopuleran media sosial sebagai media periklanan. Pengguna yang banyak memungkinkan pengiklan untuk mendapatkan engagement dan meraih audiens yang lebih luas. Dengan

Perspektif

Mobile Advertising Merajai Dunia Digital

Akhir-akhir ini, banyak dijumpai konten yang berlalu-lalang di sosial media. Hal itu sudah diketahui semua orang mengingat kita berada di zaman yang sangat melek akan adanya teknologi. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sekarang ini, ia berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Menurut Dwiningrum (20212:171) sekarang ini, kemajuan teknologi benar-benar telah diakui dan dirasakan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh di kehidupan manusia sehingga mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan adanya