Graduate Students Symposium on Communication Science (GSSCS) 2021 secara resmi dibuka. Simposium bertema “Respons Ilmu Komunikasi dalam Sirkuit Pandemi: Tantangan Komunikasi Publik dalam Disrupsi Transformasi Digital” dibuka oleh Dekan Fisipol UGM dan Kepala Departemen Ilmu Komunikasi UGM. Hari pertama GSSCS 2021 diawali dengan pemaparan materi oleh keynote speaker Prof. Dr.Phil Indah Wahyuni dan tiga panelis yaitu Dr. G. Arum Yudarwati, Dr. Eriyanto, M.Si. dan Janoe Arijanto. Sesi hari pertama berhasil menghadirkan diskusi berbobot dari sudut pandang akademisi dan praktisi komunikasi.
Simposium ini dibuka dengan sambutan dari Dekan Fisipol UGM, Wawan Mas’udi. Beliau mengapresiasi penyelenggaraan GSSCS 2021 oleh Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa simposium ini turut berperan dalam membangun tradisi akademik, menjadi ruang pertukaran ide dan dialog, serta memiliki relevansi mengenai fungsi perguruan tinggi dalam production and dissemination of knowledge. Senada dengan apa yang disampaikan Dekan Fisipol, Ketua Departemen Ilmu Komunikasi UGM, Dr. Rajiyem, S.IP., M.Si menyatakan bahwa GSSC berperan sebagai forum untuk menumbukan atmosfer akademik dan berkontribusi pada isu komunikasi publik pada aspek sosial, ekonomi, dan politik.
Dalam pemaparannya, Prof. Dr.Phil Indah Wahyuni menekankan bahwa komunikasi berperan penting dalam pandemi COVID-19. Beliau mengatakan bahwa bahwa komunikasi adalah hulu dan hilir permasalahan sehingga bagaimana cara komunikasi diproses dan dikonstruksi akan menyebabkan implikasi serius. Beliau menyampaikan masih ada tiga pekerjaan rumah dalam komunikasi era media baru yaitu kecerdasan buatan yang meluluhlantakkan komunikasi publik sehingga jauh dari rasionalitas, visi komunikasi publik, dan atmosfer literasi digital yang masih rendah. Terakhir, Prof Hermin menyebutkan tantangan bagi keilmuan untuk mempertajam analisis, mengikuti tren, dan penguasaan teori secara komprehensif.
Sesi panelis diawali oleh pemaparan dari Dr. Eriyanto, M.Si. Akademisi dan dosen Ilmu Komunikasi UI tersebut menyampaikan materi mengenai arah perkembangan kajian dan kontribusi ilmu komunikasi dalam merespons krisis komunikasi publik. Dr. Eriyanto menjelaskan mengenai bagaimana metode riset komunikasi seperti Social Meida Network Analysis (SMNA), Hyperlink Network Analysis (HHA), Computational Content Analysis (CCA), Discourse Network Analysis (DNA), hingga Media Cloud Content Analysis, berkontribusi pada respons komunikasi publik.
Panelis kedua adalah Dr. G. Arum Yudarwati. Beliau menyampaikan materi mengenai strategi komunikasi publik digital dalam konteks (post) pandemi Covid-19 dari kacamata pakar komunikasi strategis. Dr. Arum memaparkan bagaimana dampak pandemi Covid-19 bagi dunia bisnis, bagaimana agile mindset berperan sebagai alternatif ppendekatan strategis di era disrupsi, dan implikasi serta implementasi agile mindset dalam komunikasi strategis. Beliau menekan bahwa terjadi perubahan paradigma dari looking back menjadi looking forward dan bagaimana perubahan dan fleksibilitas menjadi hal normal bagi individu dan organisasi.
Panelis terakhir adalah Janoe Arijanto. Sebagai CEO Dentsu One, beliau mengimbangi perspektif akademik dengan perspektif profesional. Janoe memaparkan ada sembilan perubahan lanskap media dan tantangan komunikasi publik yaitu crowd culture, crowd content; uncontrollable search and share; multi segment audience; the emerge of (olitical) group diction and idioms; high intensity of short-term campaigns; commercial algorithm for social algorithm; subjectivism in inner platform;social media patron; localism and geopolitics; blurred area in authorize and unauthorize information; dan higher exposure in home screen channel.
Pemaparan materi oleh keynote speaker dan panelis memantik diskusi yang hidup dengan berbagai pertanyaan dari partisipan. Kegiatan GSSCS 2021 hari pertama ditutup dengan foto bersama dengan para panelis. Selanjutnya, di hari kedua pelaksanaan GSSCS 2021 akan ada sesi paralel bertemakan komunikasi publik, komunikasi strategis, komunikasi dan kebijakan media, dan media serta budaya.