Program Studi


Magister



Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi sebagai salah satu program studi di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 2005. Program ini bertujuan untuk merespon perkembangan ilmu komunikasi perkembangan keilmuan akibat penetrasi teknologi informasi & komunikasi (TIK) serta dinamika sosial politik di Indonesia paska reformasi yang melahirkan sejumlah kebijakan tentang kebebasan informasi dan berita.

Untuk membekali mahasiswa agar mampu menghadapi tantangan dan dinamika yang terjadi di era digital, Prodi S2 Ilmu Komunikasi menyusun Kurikulum Prodi S2 Ilmu Komunikasi 2017.Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka penyusunan kurikulum baru tersebut.Pertama, evaluasi kurikulum lama (tahun 2005 dan 2009) yang melibatkan baik Tim Penyusun Kurikulum maupun seluruh staf pengajar di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Kedua, studi komparasi baik secara langsung maupun melalui studi dokumentasi kurikulum dari berbagai program master ilmu komunikasi di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Australia, Amerika dan Inggris, termasuk Indonesia yang dilakukan oleh Tim Penyusun Kurikulum. Ketiga, serangkaian workshop penyusunan kurikulum baik secara internal oleh Tim Penyusun Kurikulum maupun dengan seluruh staf pengajar.di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Keempat, penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Per Semester (RPKPS) oleh Tim Penyusun RPKPS.Kelima, workshop RPKPS yang diikuti seluruh staf pengajar Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Keenam, rangkaian sosialisasi Kurikulum 2017 baik kepada mahasiswa, staf pengajar, dan staf tenaga pendidikan baik di Departemen Ilmu Komunikasi maupun di tingkat fakultas. Seluruh kegiatan ini dimulai selama satu tahun dari Juli 2016 hingga Juli 2017. Setelah melalui berbagai rangkaian kegiatan tersebut, Kurikulum Prodi S2 Ilmu Komunikasi 2017 siap untuk diterapkan mulaitahun ajaran baru 2017/2018 untuk mahasiswa baru sementara mahasiswa lama masih menggunakan kurikulum lama dalam proses transisi yang sudah disiapkan oleh pengurus Prodi.

JALUR PEMBELAJARAN



Magister berbasis kuliah (by coursework)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada jalur praktis. Jalur magister berbasis kuliah (by coursework) mensyaratkan mahasiswa untuk mengikuti semua mata kuliah wajib maupun pilihan yang telah ditentukan Program Studi dalam kurikulum, dengan proporsi jumlah teori yang lebih besar, sebelum menulis tugas akhir berupa mini tesis (jumlah kata 10.000 s.d. 15.000).

Magister berbasis penelitian (by research)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada aktivitas riset dan publikasi ilmiah. Jalur magister berbasis penelitian (by research) memiliki porsi jumlah perkuliahan yang lebih kecil dibandingkan magister berbasis kuliah (by coursework). Porsi belajar lebih banyak terletak pada penelitian, seminar, publikasi dan tesis (jumlah kata 15.000 s.d. 30.000).

 

PEMINATAN



Program Studi Magister Ilmu Komunikasi mengembangkan tiga peminatan: Manajemen Komunikasi, Kajian Media dan Budaya, Media dan Komunikasi Digital. Ketiga peminatan ini berlaku untuk semua jalur pembelajaran, baik magister berbasis kuliah (by coursework) maupun magister berbasis penelitian (by research).

Peminatan Manajemen Komunikasi
Peminatan Manajemen Komunikasi mempelajari pengelolaan kegiatan komunikasi yang berfokus pada berbagai jenis organisasi: organisasi profit, non-profit, dan sektor publik. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan manajerial di bidang strategi komunikasi, komunikasi organisasi, kehumasan, dan komunikasi krisis, dan bencana.

Peminatan Kajian Media dan Budaya
Peminatan Kajian Media dan Budaya mempelajari perkembangan media dan budaya yang saat ini menjadi titik sentral pergulatan sosial yang menyentuh kehidupan keseharian masyarakat. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan mengembangkan konten dengan perspektif kritis untuk mendorong perubahan sosial.

Peminatan Media & Komunikasi Digital
Peminatan ini mempelajari berbagai aspek komunikasi digital, masyarakat, dan kebijakan. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan inovasi dalam merancang, mengembangkan, dan memberikan alternatif solusi pada kebijakan komunikasi, interaksi antara teknologi, media, dengan manusia, dan persoalan kontemporer media dan teknologi lainnya.

Magister berbasis kuliah (by coursework)
Total SKS = 45 SKS

Semester 1Mata kuliah wajib program studi (WPS)12 SKS
Mata kuliah pilihan (P)6 SKS
Semester 2Mata kuliah wajib peminatan (WP)12 SKS
Mata kuliah pilihan (P)3 SKS
Mata kuliah penulisan dan seminar proposal 3 SKS
Semester 3Tesis9 SKS


Magister berbasis penelitian (by research)
Total SKS = 45 SKS

Semester 1Mata kuliah wajib program studi (WPS)6 SKS
Mata kuliah pilihan (P)3 SKS
Penulisan proposal tesis3 SKS
Seminar proposal tesis3 SKS
Semester 2Penelitian dan laporan hasil penelitian6 SKS
2 Prosiding dan 2 konferensi atau 1 artikel jurnal (ter-submit, minimal pada jurnal terindeks Sinta)12 SKS
Semester 3Tesis9 SKS

 

PEMINATAN



Peminatan Manajemen Komunikasi

Semester 1Metode Riset Komunikasi WPS3 SKS
Tradisi Teori KomunikasiWPS3 SKS
Komunikasi dan Isu KontemporerWPS3 SKS
Sistem KomunikasiWPS3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Semester 2Teori Komunikasi OrganisasiWP3 SKS
Teori Komunikasi StrategisWP3 SKS
Manajemen Komunikasi Korporasi dan Public RelationsWP3 SKS
Komunikasi Krisis dan BencanaWP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Penulisan dan seminar proposal 3 SKS
Semester 3Tesis9 SKS


Peminatan Kajian Media dan Budaya

Semester 1Metode Riset Komunikasi WPS3 SKS
Tradisi Teori KomunikasiWPS3 SKS
Komunikasi dan Isu KontemporerWPS3 SKS
Sistem KomunikasiWPS3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Semester 2Teori Media dan BudayaWP3 SKS
Kajian Media Global WP3 SKS
Jurnalisme Kontemprorer WP3 SKS
Budaya Siber (Cyberculture)WP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Penulisan dan seminar proposal 3 SKS
Semester 3Tesis9 SKS


Peminatan Media & Komunikasi Digital

Semester 1Metode Riset Komunikasi WPS3 SKS
Tradisi Teori KomunikasiWPS3 SKS
Komunikasi dan Isu KontemporerWPS3 SKS
Sistem KomunikasiWPS3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Semester 2Teori Media, Teknologi, dan MasyarakatWP3 SKS
Kebijakan dan Inovasi Digital WP3 SKS
Ekonomi Politik Media Digital WP3 SKS
Masyarakat Digital WP3 SKS
Mata kuliah pilihanP3 SKS
Penulisan dan seminar proposal 3 SKS
Semester 3Tesis9 SKS

Mata kuliah pilihan terdiri dari:

  1. Audiens dan Budaya Populer
  2. Media Digital dan Aktivisme
  3. Media dan Perspektif Sosial
  4. Literasi Digital
  5. Riset Komunikasi dan Big Data
  6. Manajemen Komunikasi Pemerintahan
  7. Media, Identitas, dan Gender
  8. Budaya Visual
  9. Manajemen Komunikasi Pemasaran