Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi sebagai salah satu program studi di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 2005. Program ini bertujuan untuk merespon perkembangan ilmu komunikasi perkembangan keilmuan akibat penetrasi teknologi informasi & komunikasi (TIK) serta dinamika sosial politik di Indonesia paska reformasi yang melahirkan sejumlah kebijakan tentang kebebasan informasi dan berita.
Untuk membekali mahasiswa agar mampu menghadapi tantangan dan dinamika yang terjadi di era digital, Prodi S2 Ilmu Komunikasi menyusun Kurikulum Prodi S2 Ilmu Komunikasi 2017.Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka penyusunan kurikulum baru tersebut.Pertama, evaluasi kurikulum lama (tahun 2005 dan 2009) yang melibatkan baik Tim Penyusun Kurikulum maupun seluruh staf pengajar di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Kedua, studi komparasi baik secara langsung maupun melalui studi dokumentasi kurikulum dari berbagai program master ilmu komunikasi di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Australia, Amerika dan Inggris, termasuk Indonesia yang dilakukan oleh Tim Penyusun Kurikulum. Ketiga, serangkaian workshop penyusunan kurikulum baik secara internal oleh Tim Penyusun Kurikulum maupun dengan seluruh staf pengajar.di Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Keempat, penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Per Semester (RPKPS) oleh Tim Penyusun RPKPS.Kelima, workshop RPKPS yang diikuti seluruh staf pengajar Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM. Keenam, rangkaian sosialisasi Kurikulum 2017 baik kepada mahasiswa, staf pengajar, dan staf tenaga pendidikan baik di Departemen Ilmu Komunikasi maupun di tingkat fakultas. Seluruh kegiatan ini dimulai selama satu tahun dari Juli 2016 hingga Juli 2017. Setelah melalui berbagai rangkaian kegiatan tersebut, Kurikulum Prodi S2 Ilmu Komunikasi 2017 siap untuk diterapkan mulaitahun ajaran baru 2017/2018 untuk mahasiswa baru sementara mahasiswa lama masih menggunakan kurikulum lama dalam proses transisi yang sudah disiapkan oleh pengurus Prodi.
JALUR PEMBELAJARAN
Magister berbasis kuliah (by coursework)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada jalur praktis. Jalur magister berbasis kuliah (by coursework) mensyaratkan mahasiswa untuk mengikuti semua mata kuliah wajib maupun pilihan yang telah ditentukan Program Studi dalam kurikulum, dengan proporsi jumlah teori yang lebih besar, sebelum menulis tugas akhir berupa mini tesis (jumlah kata 10.000 s.d. 15.000).
Magister berbasis penelitian (by research)
Jalur ini berorientasi keilmuan yang menekankan pada aktivitas riset dan publikasi ilmiah. Jalur magister berbasis penelitian (by research) memiliki porsi jumlah perkuliahan yang lebih kecil dibandingkan magister berbasis kuliah (by coursework). Porsi belajar lebih banyak terletak pada penelitian, seminar, publikasi dan tesis (jumlah kata 15.000 s.d. 30.000).
PEMINATAN
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi mengembangkan tiga peminatan: Manajemen Komunikasi, Kajian Media dan Budaya, Media dan Komunikasi Digital. Ketiga peminatan ini berlaku untuk semua jalur pembelajaran, baik magister berbasis kuliah (by coursework) maupun magister berbasis penelitian (by research).
Peminatan Manajemen Komunikasi
Peminatan Manajemen Komunikasi mempelajari pengelolaan kegiatan komunikasi yang berfokus pada berbagai jenis organisasi: organisasi profit, non-profit, dan sektor publik. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan manajerial di bidang strategi komunikasi, komunikasi organisasi, kehumasan, dan komunikasi krisis, dan bencana.
Peminatan Kajian Media dan Budaya
Peminatan Kajian Media dan Budaya mempelajari perkembangan media dan budaya yang saat ini menjadi titik sentral pergulatan sosial yang menyentuh kehidupan keseharian masyarakat. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan mengembangkan konten dengan perspektif kritis untuk mendorong perubahan sosial.
Peminatan Media & Komunikasi Digital
Peminatan ini mempelajari berbagai aspek komunikasi digital, masyarakat, dan kebijakan. Peminatan ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan riset dan inovasi dalam merancang, mengembangkan, dan memberikan alternatif solusi pada kebijakan komunikasi, interaksi antara teknologi, media, dengan manusia, dan persoalan kontemporer media dan teknologi lainnya.
Magister berbasis kuliah (by coursework)
Total SKS = 45 SKS
Semester 1 | Mata kuliah wajib program studi (WPS) | 12 SKS |
Mata kuliah pilihan (P) | 6 SKS | |
Semester 2 | Mata kuliah wajib peminatan (WP) | 12 SKS |
Mata kuliah pilihan (P) | 3 SKS | |
Mata kuliah penulisan dan seminar proposal | 3 SKS | |
Semester 3 | Tesis | 9 SKS |
Magister berbasis penelitian (by research)
Total SKS = 45 SKS
Semester 1 | Mata kuliah wajib program studi (WPS) | 6 SKS |
Mata kuliah pilihan (P) | 3 SKS | |
Penulisan proposal tesis | 3 SKS | |
Seminar proposal tesis | 3 SKS | |
Semester 2 | Penelitian dan laporan hasil penelitian | 6 SKS |
2 Prosiding dan 2 konferensi atau 1 artikel jurnal (ter-submit, minimal pada jurnal terindeks Sinta) | 12 SKS | |
Semester 3 | Tesis | 9 SKS |
PEMINATAN
Peminatan Manajemen Komunikasi
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 3 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Semester 2 | Teori Komunikasi Organisasi | WP | 3 SKS |
Teori Komunikasi Strategis | WP | 3 SKS | |
Manajemen Komunikasi Korporasi dan Public Relations | WP | 3 SKS | |
Komunikasi Krisis dan Bencana | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan seminar proposal | 3 SKS | ||
Semester 3 | Tesis | 9 SKS |
Peminatan Kajian Media dan Budaya
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 3 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Semester 2 | Teori Media dan Budaya | WP | 3 SKS |
Kajian Media Global | WP | 3 SKS | |
Jurnalisme Kontemprorer | WP | 3 SKS | |
Budaya Siber (Cyberculture) | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan seminar proposal | 3 SKS | ||
Semester 3 | Tesis | 9 SKS |
Peminatan Media & Komunikasi Digital
Semester 1 | Metode Riset Komunikasi | WPS | 3 SKS |
Tradisi Teori Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Komunikasi dan Isu Kontemporer | WPS | 3 SKS | |
Sistem Komunikasi | WPS | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Semester 2 | Teori Media, Teknologi, dan Masyarakat | WP | 3 SKS |
Kebijakan dan Inovasi Digital | WP | 3 SKS | |
Ekonomi Politik Media Digital | WP | 3 SKS | |
Masyarakat Digital | WP | 3 SKS | |
Mata kuliah pilihan | P | 3 SKS | |
Penulisan dan seminar proposal | 3 SKS | ||
Semester 3 | Tesis | 9 SKS |
Mata kuliah pilihan terdiri dari:
- Audiens dan Budaya Populer
- Media Digital dan Aktivisme
- Media dan Perspektif Sosial
- Literasi Digital
- Riset Komunikasi dan Big Data
- Manajemen Komunikasi Pemerintahan
- Media, Identitas, dan Gender
- Budaya Visual
- Manajemen Komunikasi Pemasaran