• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang DIKOM
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Program Studi
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu

Program Perkuliahan Future Skills (SFS) Fisipol UGM

Informasi Umum Senin, 19 Juli 2021

Halo, Sobat Dikom!
Semoga dalam keadaan sehat, ya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FIsipol) UGM mempersembahkan Program Perkuliahan Future Skills (FSF) yang terbuka untuk seluruh mahasiswa dan masyarakat di seluruh Indonesia. Program ini dirancang sebagai perkuliahan inovatif yang menghadirkan narasumber langsung dari dunia industri untuk berbagi pengalaman serta ilmu praktis yang dimiliki kepada peserta kuliah.

FSF menawarkan empat mata kuliah, yaitu:
1. Kewirausahaan Sosial
2. Future Leader and Organisation
3. Green Planer and Future Living
4. Society and Creative Industry
FSF menggandengg 44 mitra perusahaan/lembaga internasional dan 50 pilihan program perkuliahan. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Dikom dapat mengaksesnya di sini

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, dan segera dapatkan vaksin Covid-19 apabila memungkinkan.
Salam sehat!

Press Release: Diskusi “Perempuan dalam Revolusi Digital: Peta Permasalahan & Urgensi Digital” Serial Diskusi Buku “Perempuan dan Literasi Digital”

Berita Kamis, 15 Juli 2021

Departemen Ilmu Komunikasi UGM menyelenggarakan diskusi bertajuk “Perempuan dalam Revolusi Digital: Peta Permasalahan & Urgensi Literasi Digital” pada Jumat, 9 Juli 2021 yang membedah buku “Perempuan dan Literasi Digital: Antara Problem Hambatan dan Arah Pemberdayaan” terbitan UGM Press. Diskusi ini merupakan seri pertama dari tiga diskusi atas buku “Perempuan dan Literasi Digital” yang akan diselenggarakan Program Magister Departemen Ilmu Komunikasi UGM.

Diskusi yang berlangsung secara daring ini mengundang editor dan dua penulis buku tersebut, yang juga merupakan dosen di Departemen Ilmu Komunikasi (Dikom) UGM, sebagai narasumber. Mereka adalah Rahayu, Novi Kurnia, dan Widodo Agus Setianto. Hadir pula pembahas dari Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba), Santi Indra Astuti, dosen sekaligus anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi). Bertindak sebagai moderator adalah Astrid Permata Leona, alumni Program Magister Dikom UGM.

Diskusi dimulai dari pemaparan Rahayu selaku editor buku mengenai gambaran besar dari buku tersebut. “Buku ini mengangkat relasi dan persoalan perempuan dengan media digital, dalam melihat persoalan ini literasi digital dipandang oleh para penulis sebagai solusi penting,” ujar Rahayu yang saat inimenjabat sebagai ketua Prodi Magister di Dikom UGM.

Dalam penjelasannya, Rahayu menyebutkan bahwa ada dua persoalan yang dihadapi perempuan saat ini. Pertama, berkaitan dengan kesenjangan digital, terutama berkaitan dengan penggunaan telepon seluler ke mobile internet dan media sosial. Kesenjangan ini terjadi di berbagai negara, terutama di negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan.
Kedua, adalah tentang gambaran perempuan di media. “Perempuan, khususnya remaja banyak menggunakan media sosial sebagai referensi. Sayangnya, apa yang tersaji dalam media digital tidak selalu informasi yang benar,” tambah Rahayu.
Menurut Rahayu, penggambaran diri perempuan di media pun tidak akurat dan sering menjadi objek eksploitasi. Media, oleh penulis, sering dianggap tidak peka terhadap perempuan terutama ketika meliput isu-isu kekerasan dan lebih menonjolkan sisi sensasional.

Dilanjutkan oleh Novi Kurnia yang menyebutkan bahwa posisi perempuan dalam konteks literasi digital dapat menjadi objek dan juga subjek karena perempuan memiliki identitas yang interseksional. Sebagai objek, perempuan kerap diposisikan sebagai khalayak sasaran beragam program literasi digital karena posisinya yang rentan.
Di sisi yang lain, sebagai subjek, perempuan juga banyak ditemukan sebagai pegiat program literasi digital yang pemberdayaannya berdampak pada masyarakar luas. “Di Japelidi sendiri, 80% anggota yang aktif adalah perempuan,” tambah Novi, yang juga berlaku sebagai Koordinator Nasional Japelidi.

Dalam tulisannya, Novi juga memetakan ada 13 dimensi yang berlaku sebagai faktor penyebab kesenjangan digital, yakni terkait akses, pendidikan, dan lain-lain. Menurutnya, jika pergerakan literasi digital dimulai dari dua dimensi saja, misalnya, kecakapan literasi digital dan pendidikan, perempuan akan lebih banyak lagi memasuki ruang-ruang penting dalam pengembangan literasi digital di Indonesia.

Widodo Agus Setianto, dalam pemaparannya menyebutkan tentang adanya perubahan signifikan pada data penggunaan internet di Indonesia selama satu dekade. Widodo pun mempertanyakan, “Apakah ada kesiapan infrastruktur dan kesiapan masyarakat di tengah lonjakan penggunaan internet?” Menurut Widodo, itu lah mengapa pemberdayaan perempuan melalui gerakan literasi digital menjadi penting dan menjadi solusi untuk menutup kesenjangan ini.
Menurut pembahas dalam seri ini, Santi Indra Astuti, bernasnya buku ini dimulai sejak kata pengantar. “Kata pengantar itu sendiri sudah merupakan sebuah tulisan yang memetakan, bukan saja arah ke mana buku ini berjalan, tapi [merupakan] peta jalan dari literasi digital yang diinginkan untuk memberdayakan perempuan Indonesia,” ujarnya.

Bagi Santi, peta literasi digital tidak bisa lagi bergantung pada faktor kepemilikan gawai, kompetensi fungsionalnya, dan sebagainya, tetapi juga terkait dengan faktor sosio-kultural di sekitar kita. “Dengan adanya peta permasalahan ini, ketika dikaitkan dengan indeks sosio-kultural kita, itu bisa menjadi amunisi untuk membuat gerakan yang game changer di tengah komunitas,” tambah Santi.

Total ada 13 penulis yang mengangkat persoalan tentang perempuan dan literasi digital dengan tiga bagian utama. Bagian pertama adalah tentang potret persoalan perempuan dalam mengakses teknologi dan arti penting literasi digital dalam pemberdayaan perempuan.
Bagian kedua membahas tentang dimensi-dimensi pengetahuan dalam literasi digital dan lingkup kompetensi literasi digital. Bagian kedua akan dibahas di seri kedua diskusi Perempuan dan Literasi Digital pada 16 Juli 2021.
Sedangkan bagian terakhir memaparkan hasil riset lapangan tentang penggunaan media digital oleh perempuan dan kontribusi literasi digital dalam menjawab persoalan tersebut. Bagian ini akan dibedah bersama penulis-penulisnya pada seri ketiga, tepatnya pada 23 Juli 2021 mendatang.

Contact Person:
Koordinator Tim Media DIKOM UGM
Mashita (083841068717)

Serial Diskusi Buku “Perempuan dan Literasi Digital” Seri 1 Perempuan dalam Revolusi Digital: Peta Permasalahan dan Urgensi Digital

Uncategorized Jumat, 9 Juli 2021

Pengumuman Pendaftaran Ulang dan Pembayaran UKT

Informasi Umum Rabu, 30 Juni 2021

Salam sehat, Sobat Dikom!

Bagi Sobat Dikom di jenjang S1, S2, dan S3 yang akan melakukan:
1. heregistrasi
2. pengaktifan kembali kuliah
3. pengajuan cuti kuliah
4. pengajuan perpanjangan studi
5. penundaan atau keringanan pembayaran UKT
dapat mengunduh Surat Pengumuman Nomor: 3904/UN1.P.I/DIR-PP/KM2021. Seluruh proses pengajuan dilakukan di simaster.ugm.ac.id

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan!
Salam sehat

Departemen Ilmu Komunikasi UGM

Pemberitahuan Antisipasi COVID-19 Departemen Ilmu Komunikasi UGM

Informasi Umum Senin, 28 Juni 2021

Salam sehat, Sobat Dikom!

Tingginya kasus terkonfirmasi COVID-19 menjadi perhatian banyak pihak termasuk Departemen Ilmu Komunikasi UGM. Oleh karena itu, Sobat Dikom dapat mengisi pemetaan antisipasi COVID-19 yang disediakan oleh departemen di sini

Kami juga lampirkan surat pemberitahuan antisipasi Covid-19 yang dapat diunduh oleh Sobat Dikom di sini

Kami harap Sobat Dikom dapat melakukan langkah pencegahan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi apabila memungkinkan. Semoga Sobat Dikom selalu dalam keadaan sehat dan baik.
Salam sehat,

Department of Communication Science,
Faculty of Social and Political Sciences,
Universitas Gadjah Mada
Telp.: +6274563362

Rekruitmen Asisten Tim Akreditasi S3 Dikom

Uncategorized Rabu, 9 Juni 2021

Halo, Sobat Dikom! Apa kabar?

Kabar gembira bagi  Sobat Dikom S1 dan S2 yang ingin menambah pengalaman kerja dan mengasah kemampuan. Departemen Ilmu Komunikasi UGM membuka rekruitmen asisten tim akreditasi S3 dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif s1 atau S2 Departemen Ilmu Komunikasi UGM
  2. Mampu bekerja dalam kelompok, disiplin, dan bertanggungjawab

Lalu, apa saja tugasnya?

  1. Mengidentifikasi kebutuhan data dan dokumen pendukung instrumen akreditasi
  2. Mengumpulkan dokumen pendukung instrumen akreditasi

Bagi Sobat Dikom yang tertarik dapat mengirimkan dokumen sebagai berikut:

  1. CV
  2. KRS semester saat ini
  3. Letter of Interest

Dikumpulkan palig lambat 12 Juni 2021 melalui email ke prodis3.fisipol@ugm.ac.id dengan subjek “Rekruitmen Asisten Tim Akreditasi Prodi S-3”.

Proses seleksi melalui dua tahap yaitu seleksi administrasi dan wawancara.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi admin S3 Dikom di nomor berikut +628112954536 (Widya)

Open Recruitment Panitia PPSMB Departemen Ilmu Komunikasi UGM 2021

Informasi Umum Senin, 31 Mei 2021

OPEN RECRUITMENT PANITIA PPSMB DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI UGM 2021 

 

Halo, Sobat Dikom! 

Tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan menyambut kedatangan mahasiswa baru angkatan 2021. Oleh karena itu, kami mengajak kalian para mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 dan 2020 untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan PPSMB Departemen Ilmu Komunikasi UGM 2021. 

Periode pendaftaran: 30 Mei-2 Juni 2021 

Wawancara: 3-5 Juni 2021

Tautan pendaftaran: http://bit.ly/oprecstaffdepartemen 

 

PILIHAN DIVISI:

1. ACARA

  • Membuat konsep dan menentukan tema acara
  • Membuat susunan acara serta petunjuk teknis setiap rangkaian kegiatan
  • Mengurus jalannya acara dari awal hingga akhir kegiatan

2.  PEMANDU

  • Menjadi pemandu kelompok untuk mahasiswa baru
  • Menyiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran dan penugasan untuk mahasiswa baru
  • Menentukan konsep serta melakukan penilaian kepada mahasiswa baru

3.  ADVOKASI 

  • Berkoordinasi dengan PPSMB Society dan pihak luar PPSMB Departemen
  • Menjadi narahubung Guest Speaker, dosen, atau BSO
  • Menyampaikan informasi terkait hal seputar PPSMB kepada mahasiswa baru 

4.  DDD (Desain, Dekorasi, Dokumentasi)

  • Merancang dan membuat seluruh desain visual PPSMB Departemen Ilmu Komunikasi UGM 2021
  • Membuat dan mengedit produk visual baik dengan format video maupun non-video
  • Mendokumentasikan kegiatan serta membuat teaser dan juga aftermovie 
  • Membuat virtual background 
  • Membuat desain dan mem-branding maskot bersama dengan SMO

5.  SOCIAL MEDIA OFFICER 

  • Merancang publikasi dalam konten media sosial
  • Menyiapkan materi dan caption untuk kebutuhan konten media sosial
  • Menjadi admin dan mengatur akun media sosial 
  • Menciptakan dan mengkoordinasikan maskot dengan DDD

6.  IT

  • Mempersiapkan seluruh peralatan dan kebutuhan teknis sebelum dan ketika hari-h
  • Mengurus LMS (Learning Management System) bersama pihak Departemen
  • Menjadi admin dan memantau platform yang digunakan selama acara berlangsung

7. LOGISTIK

  • Mempersiapkan kebutuhan acara serta seluruh divisi 
  • Mempersiapkan seluruh keperluan shooting video teaser dan aftermovie 
  • Mengajukan proposal perizinan pemakaian tempat atau ruangan
  • Mengajukan proposal dana konsumsi 
  • Mempersiapkan logistik konsumsi 

 

APA SAJA BENEFIT YANG DIDAPAT?

  1. Memperoleh pengalaman kepanitiaan 
  2. Berpartisipasi dalam menyusun rangkaian acara yang keren dan menarik
  3. Memperluas jaringan dan relasi pertemanan di Ilmu Komunikasi 2020

 

Terima kasih! Sampai jumpa di PPSMB Departemen Ilmu Komunikasi UGM 2021! 

Informasi lebih lanjut:

LINE: charismanartha

Email: ppsmbcomm21@gmail.com

Peringatan Hari Pers Dunia 2021

Informasi Umum Senin, 3 Mei 2021

Halo, Sobat Dikom!

Tahukah sobat jika setiap tanggal 3 Mei diperingati sebagai hari kebebasan pers. Peringatan ini dilakukan untuk mengevaluasi kebebasan pers di berbagai belahan dunia, melindungi independensi media dari serangan, dan menghormati jurnalis yang gugur saat bertugas.

Hari kebebasan pers dunia mulai diperingati sejak tahun 1993 setelah dirilisnya Recommendation adopted at the twenty-sixth session of UNESCO’s General Conference di tahun 1991. Rekomendasi ini dibuat sebagai respons atasseruan jurnalis Afrika yang pada tahun 1991 menghasilkan Windhoek Declaration  tentang pluralisme dan independensi media.

Peringatan tahun ini spesial karena dua dosen Departemen Ilmu Komunikasi UGM, Mas Zam dan Mbak Novi, berkesempatan mengikuti World Press Freedom Day Forum 2021 yang diselenggarakan oleh UNESCO!  Bagaimana nih perayaan Hari Kebebasan Pers Dunia oleh Sobat Dikom?

 

 

Jadwal Perkuliahan Pasca UTS Semester Genap 2021

Informasi Umum Rabu, 21 April 2021

Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2021

Informasi Umum Rabu, 21 April 2021

Halo, Sobat Dikom!

Ada kabar gembira bagi Sobat Dikom kelas reguler dan IUP yang ingin mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri! Pemerintah Indonesia melalui Ditjen Dikti memberikan skema pendanaan bagi mahasiswa yang akan mengikuti pertukaran ke luar negeri selama satu semester.

Bagi Sobat Dikom yang ingin mendaftar, berikut beberapa persyaratannya:

  1. Mahasiswa aktif UGM saat pendaftaran dan program berlangsung
  2. Diutamakan mahasiswa semester 4 – 7
  3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik yang dapat dibuktikan dengan skor minimum IBT 80 atau skor IELTS 6.0 atau TOEFL ITP 550
  4. IPK minimal 3.00 dari 4.00
  5. Direkomendasikan oleh fakultas asal (oleh dekan atau wakil dekan bidang akademik)
  6. Mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh UGM dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Sub Pokja Merdeka Global)
  7. Di akhir program, mahasiswa harus melakukan transfer SKS di universitas asal
  8. Sedang tidak menerima atau sedang mendaftar pendanaan atau beasiswa yang melarang penerima untuk menerima beasiswa lain

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Surat nominasi dari fakultas (ditujukan kepada Kepala Kantor Urusan Internasional UGM)
  2. Letter of enrollment dari fakultas
  3. CV
  4. Motivation Letter
  5. Transkrip akademik resmi
  6. Sertifikat kefasihan berbahasa Inggris
  7. Rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik (DPA)/ Dosen/ Profesor
  8. Fotokopi berwarna paspor

Bagi Sobat Dikom yang akan mendaftar, kirimkan dokumen persyaratan di satu dokumen PDF dan dikirimkan ke Kantor Urusan Internasional UGM maksimal 10 Mei 2021 melalui http://ugm.id/IISMA2021

Informasi lebih lanjut dapat mengakses situs berikut:

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/IISMA

http://oia.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/326/2021/04/Application-Guidelines-IISMA-@-UGM.pdf

Terima kasih! Semoga kesuksesan selalu menyertai Sobat Dikom. Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan!

1…1819202122…27

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

Juni 2025
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
« Mei    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY