Pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama tahun 2020 ini telah mengubah tatanan kehidupan manusia di semua bidang, termasuk dalam hal pemasaran dan periklanan. Para pelaku industri tersebut dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan harus bisa lebih kreatif dalam menentukan langkah-langkah ketika akan melakukan pemasaran suatu produk atau brand. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana kemampuan mayoritas brand multinasional dan perusahaan besar di Indonesia yang dapat cepat dan tanggap dalam beradaptasi dengan keadaan. Dalam hal ini, saya akan mengambil contoh kasus pada brand IM3 Ooredoo yang dapat dikatakan aktif melakukan pemasaran selama pandemi ini.
Pada masa pandemi Covid-19 tren menonton film menjadi kegiatan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat terutama bagi remaja, bahkan hingga menjadikannya hiburan bagi keluarga di rumah. Namun, pandemi Covid-19 ini menjadi dampak buruk bagi pelaku usaha hiburan Bioskop dan industri perfilman, pemerintah menerbitkan berbagai aturan dan larangan kegiatan hiburan yang dapat menyebabkan meningkatnya penyebaran kasus Covid-19. Tidak mau tinggal diam, industri perfilman mau tidak mau harus memutar otak bagaimana masyarakat dapat menonton film secara legal tanpa keluar rumah, menurut Kementerian Kominfo terdapat peningkatan pengunduhan film secara illegal saat pandemi walaupun pemerintah sudah menutup berbagai situs film illegal tetapi masih banyak situs serupa yang masih dapat di akses masyarakat (CNN Indonesia, 2020), dengan cara bekerjasama dengan televisi dan penyedia aplikasi layanan menonton film daring gratis ataupun berbayar (Gunawan, 2020). Di Indonesia terdapat berbagai pilihan film yang fenomenal di masyarakat, tentunya ciri khas dari film yang fenomenal di Indonesia tersebut akan menjadi tren dan menarik di masyarakat karena memperlihatkan kejadian-kejadian yang relevan dengan sosial dan budaya di masyarakat. Film pendek berjudul Tilik di pertengahan masa pandemi Covid-19 jadi buah bibir dan tren di media sosial masyarakat, film yang diperankan oleh seorang ibu-ibu desa memperlihatkan kemajuan era digital dengan adanya media sosial, dan ciri khas budaya ibu-ibu yang selalu gosip menjadi kolaborasi yang pas di kehidupan masyarakat sehari-hari. Pemanfaatan Media menjadi peran aktif terhadap penggunaan media di kehidupan sosial yang menjadikan proses komunikasi di dalamnya, menurut Blumler, Gurevitch dan Katz menyatakan pengguna media memainkan peran yang aktif dalam memilih dan menggunakan media.
Esports atau olahraga elektronik baru saja diakui sebagai salah satu cabang olahraga prestasi oleh KONI dan Kemenpora dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 yang diadakan secara virtual pada 25 s/d 27 Agustus 2020 (Ilyas, 2020). Menurut UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Dengan demikian, diakuinya esports sebagai salah satu cabang olahraga prestasi merupakan pertanda bahwa esports lebih besar daripada sekadar aktivitas hura-hura dengan bermain gim. Esports seakan telah lengkap untuk menjadi sebuah sistem tersendiri.
Apa kabar, #SobatDikom?
Yuk, Ngopi lagi! ☕
Kali ini, kita bakal ngobrolin tentang “Opini Masyarakat dan Komunikasi Krisis dalam Pandemi Corona” bareng narasumber kita:
• R. Kristiawan (Advisor International Media Support, Denmark)
• Nur Imroatus S. (Indonesia Indicator)
• Wisnu Martha Adipura (Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM)
dan dimoderatori oleh:
• Wisnu Prasetyo Utomo (Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM)
Catat tanggal dan waktunya ya:
🗓️ Jumat, 17 Juli 2020
⏰ 15.00-17.00
Halo, sobat Dikom!
Dalam Serial Diskusi Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Fisipol UGM, dosen Dikom turut hadir dalam sesi bertajuk “Komunikasi Publik Masa Krisis Covid-19”, yang menghadirkan sebagai pembicara:
Apa kabar, Sobat Dikom?
Yuk, kita Ngopi bersama lagi dengan Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi UGM dalam topik “Pandemi, Penguatan Kelembagaan, dan Pengembangan Inovasi Daring Rakyat.”
Topik akan dibawakan oleh:
• Dr. Hempri Suyatna, S.Sos, M.Si. (Dosen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM))
• Rindu Sanubari Mashita Firdaus, S.I.P., M.Sc. (Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM)
• Acniah Damayanti, S.I.P., M.Sc. (Dosen Ilmu Komunikasi UGM)
dan dimoderatori oleh:
• Dr. Rajiyem, S.I.P., M.Sc. (Dosen Departemen Ilmu Komunikasi UGM)
Halo sobat Dikom,
Yuk, kita Ngopi bersama lagi! Kali ini bersama Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM dalam topik “Perempuan, Pilkada 2020, dan Hoaks.”
Dalam diskusi ini akan dipetakan berbagai potensi dan tantangan yang dimiliki perempuan menjelang Pilkada 2020, dalam konteks kualitas informasi, khususnya misinformasi dan ujaran kebencian.
Topik akan dibawakan oleh:
- Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S. (Anggota Ombudsman RI)
- Anita Wahid (Presidium Mafindo)
- Novi Kurnia, Ph.D (Dosen Ilmu Komunikasi UGM)
dan dimoderatori oleh:
- Engelbertus Wendratama, M.A. (Peneliti PR2Media)
Acara secara langsung dapat diikuti pada Minggu, 28 Juni 2020 pukul 09.00-11.00 WIB melalui:
Halo sobat Dikom,
Ngopi lagi yuk di minggu pagi ini,
Kali ini kita ngobrolin “Publik dalam Pusaran Epidemi Covid-19: Refleksi Komunikasi Publik dalam Kelindan Politik” dengan prof Sutaryo (guru besar dr FKKMK UGM), mas Heroe Poerwadi (wawali Yogya), mas Sulhan (Ketua Aspikom/Ketua Departemen Ilmu Komunikasi UGM), juga mbak Hermin (Sekprodi Prodi S3 Komunikasi UGM).
Pagi ini Ngopi spesial karena kami juga akan me-launching Program Doktoral Ilmu Komunikasi UGM yang dibuka oleh Dekan Fisipol UGM, mas Prof Erwan Agus Purwanto. Selain itu ada tamu spesial, loh, yaitu bapak Heroe Purwadi, Wakil Walikota Yogyakarta.
Halo, sobat Dikom!
Dalam rangka mengisi masa karantina kita dengan kegiatan yang berfaedah, Departemen Ilmu Komunikasi mempersembahkan program Ngobrol Pagi alias Ngopi.
Ngopi pertama ini mengangkat topik “Disrupsi Informasi dan Pandemi Jelang Pilkada 2020” dan akan menampilkan sebagai pembicara:
- Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni (Dosen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM)
- Dr. Sri Nuryanti, M.A. (Peneliti LIPI, Pengurus Pusat AIPI)
serta akan dipandu oleh moderator:
- Novi Kurnia, Ph.D (Kaprodi S2 Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM)
Catat tanggalnya ya, 14 Juni 2020 jam 09.00 – 11.00 WIB
Live via Zoom
Meeting ID: 891 3624 9200
Password: 993091
atau melalui tautan ugm.id/ngopiugm
Berkaitan dengan tahapan pendaftaran ulang mahasiswa untuk semua program baik diploma, sarjana, profesi dan pascasarjana, informasi pendaftaran ulang lebih lengkapnya bisa diakses di tautan berikut: