• Tentang UGM
  • FISIPOL UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • Webmail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Departemen Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sekapur Sirih
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Departemen
    • Staf
      • Dosen
      • Administrasi
      • Laboran
    • Fasilitas
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Reguler
      • Internasional
    • Program Pascasarjana
      • Magister Ilmu Komunikasi (S2)
      • Doktor Ilmu Komunikasi (S3)
  • Aktivitas
    • Pengabdian
    • Data Penelitian
    • Publikasi
    • Ikatan Alumni
  • Unit Pendukung
    • Jurnal Media dan Komunikasi
    • DECODE
    • Laboratorium DIKOM
    • Jaminan Mutu

Bagaimana PR atau Marketing Communication di Berbagai Perusahaan Beradaptasi di Masa Pandemi dan Sejarah di Baliknya

Perspektif Rabu, 30 September 2020

Jika saat ini dunia berjalan normal dan pandemi belum menyerang, mungkin sudah banyak acara yang dihelat sebagai bagian dari kampanye kehumasan. Tetapi, pandemi mendesak kita semua untuk berhenti sejenak dan memikirkan jalan-jalan baru.

CECR dan Media Selection: Strategi Menghadapi Krisis

Perspektif Rabu, 30 September 2020

Ketika menghadapi krisis, praktisi humas baik di pemerintahan maupun lembaga dituntut untuk dapat mengatasinya melalui komunikasi yang efektif dan pemanfaatan media yang tepat. Begitupun dengan Covid-19 yang terjadi saat ini menjelma menjadi krisis kesehatan publik.

Woke Hollywood: Membaca Fenomena “Woke Culture” di Dunia Film Amerika Serikat

Perspektif Rabu, 30 September 2020

zz Jika anda merupakan seorang penggemar franchise Star Wars, pasti tak asing dengan kontroversi film Star Wars: The Last Jedi (2017) dan Star Wars: The Rise of Skywalker (2019) yang dianggap memiliki agenda politik terselubung […].

Masa Pandemi Jadi Momentum Pembuktian Kreativitas Pelaku Industri Periklanan (Studi Kasus pada Iklan IM3 Ooredoo)

Perspektif Rabu, 30 September 2020

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama tahun 2020 ini telah mengubah tatanan kehidupan manusia di semua bidang, termasuk dalam hal pemasaran dan periklanan. Para pelaku industri tersebut dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan harus […].

Media dan Budaya pada Film Pendek Tilik (Ravacana Films)

Perspektif Rabu, 30 September 2020

Pada masa pandemi Covid-19 tren menonton film menjadi kegiatan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat terutama bagi remaja, bahkan hingga menjadikannya hiburan bagi keluarga di rumah.

Esports dan Ambiguitas Regulasi Komunikasi yang Melingkupi: Bagaimana Kita Harus Menyikapi?

Perspektif Rabu, 30 September 2020

Esports atau olahraga elektronik baru saja diakui sebagai salah satu cabang olahraga prestasi oleh KONI dan Kemenpora dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 yang diadakan secara virtual pada 25 s/d 27 Agustus 2020 (Ilyas, […].

Ngopi #5 – Opini Masyarakat dan Komunikasi Krisis dalam Pandemi Corona

Agenda Kamis, 10 September 2020

Apa kabar, #SobatDikom? Yuk, Ngopi lagi! ☕ Kali ini, kita bakal ngobrolin tentang “Opini Masyarakat dan Komunikasi Krisis dalam Pandemi Corona” bareng narasumber kita: • R. Kristiawan (Advisor International Media Support, Denmark) • Nur Imroatus […].

SERIAL DISKUSI FISIPOL UGM – Penanganan Krisis Covid-19: Komunikasi Publik Masa Krisis Covid-19

Agenda Kamis, 10 September 2020

Halo, sobat Dikom!   Dalam Serial Diskusi Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Fisipol UGM, dosen Dikom turut hadir dalam sesi bertajuk “Komunikasi Publik Masa Krisis Covid-19”, yang menghadirkan sebagai pembicara: Dr. Hermin Indah W.

Ngopi #4 – Pandemi, Penguatan Kelembagaan, dan Pengembangan Inovasi Daring Pasar Rakyat

Agenda Kamis, 10 September 2020

Apa kabar, Sobat Dikom? Yuk, kita Ngopi bersama lagi dengan Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi UGM dalam topik “Pandemi, Penguatan Kelembagaan, dan Pengembangan Inovasi Daring Rakyat.” Topik akan dibawakan oleh: • Dr. Hempri Suyatna, S.Sos, […].

Ngopi #3 – Perempuan, Pilkada 2020, dan Hoaks

Agenda Kamis, 10 September 2020

Halo sobat Dikom,   Yuk, kita Ngopi bersama lagi! Kali ini bersama Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM dalam topik “Perempuan, Pilkada 2020, dan Hoaks.”   Dalam diskusi ini akan dipetakan berbagai potensi dan tantangan […].
1…232425262728

PROGRAM STUDI

   SARJANA REGULER

   SARJANA IUP

   MAGISTER

   DOKTORAL

September 2025
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Agu    
Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

TENTANG DIKOM

Sekapur Sirih Visi dan Misi Sejarah Struktur Departemen Staff

PROGRAM STUDI

Reguler IUP Magister Doktoral

AKTIVITAS

Karya Mahasiswa Korps Mahasiswa BSO Ajisaka

UNIT PENDUKUNG

Laboratorium Pusat Kajian Decode JMKI Jaminan Mutu

© 2020 | DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI - UGM